Kesehatan

10 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

tips sehat
tips sehat

tips sehat (foto: pixabay)

Indonesia berada di garis khatulistiwa, sehingga memiliki iklim tropis, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Memasuki bulan Oktober, biasanya terjadi fase peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan atau biasa disebut musim pancaroba. Pada masa pancaroba, seringkali orang terkena penyakit musiman, seperti flu, DBD, diare, chikungunya, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), dan lain-lain.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan agar terhindari dari penyakit musiman di atas? Dilansir dari kemkes.go.id, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti: mengonsumsi vitamin C yang cukup, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer baik sebelum maupun setekah makan, mandi dua kali sehari, dan olahraga fisik minimal 30 menit setiap harinya.

Selain hal di atas, masih ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan di musim pancaroba saat ini agar imun tetap kuat. Mengutip dari alodokter.com, hal yang pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menaikkan kekebalan tubuh dengan cara mengelola stres. Stres dapat menyebabkan penyakit yang serius, salah satunya penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres, apalagi di musim pancaroba saat ini.

Kedua, memastikan tidur berkualitas. Kualitas tidur juga bisa membantu imun tetap kuat. Bagi orang dewasa, waktu tidur idealnya berkisar antara 6 hingga 8 jam. Tidur terlalu lama juga dapat menyebabkan gula darah tidak terkontrol.

Ketiga, memperbanyak makan buah, sayur, dan protein tinggi. Protein tiggi bisa didapatkan pada hewan maupun tumbuhan. Contohnya daging tanpa lemak, daging ayam, ikan dan makanan laut, telur, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Rekomendasi Sayuran untuk Penderita Diabetes

Kelima, hindari makanan dan minuman manis. Tidak dapat dimungkiri bahwa banyak orang yang suka mengonsumsi makanan ataupun minuman manis. Pada musim pancaroba, hal ini sepatutnya dihindari guna membantu menaikkan imun tubuh.

Keenam, hindari kafein berlebih. Konsumsi kafein sehari sekitar tiga cangkir kopi dianggap masih baik. Akan tetapi, lebih baik lagi jika memperbanyak minum air putih. Idealnya minum air putih dalam sehari adalah 2 liter.

Ketujuh, gunakan pakaian yang sesuai dengan musim dan gunakan masker bila perlu. Kedelapan, kuku usahakan pendek, sebab kuku yang panjang dapat menyebabkan kuman menumpuk.

Kesembilan, usahakan membuat makanan sendiri. Dengan membuat makanan sendiri, kebersihan makanan tersebut bisa dijamin. Kesepuluh, menggunakan peralatan makanan bersih milik sendiri.

Selain 10 (sepuluh) tips tersebut, ada satu tips yang dapat dilakukan pada masa pancaroba ini, yakni puasa. Studi menyebutkan bahwa puasa dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan tekanan darah. Selain itu, puasa juga bisa menjadi detoksifikasi (pembersih racun) secara total dan menyeluruh.

Ikhtiar menjaga daya tahan tubuh adalah langkah yang bisa dilakukan untuk terhindar dari penyakit. Apabila terserang penyakit, maka segera berobat ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan obat dan vitamin. Menjaga kesehatan sangat diperlukan supaya meningkatkan produktivitas kerja dan melakukan hal yang bermanfaat.

Oleh: Sri Maharani (mahasiswa magang Suara ‘Aisyiyah)

Related posts
Berita

Tips Sehat Ala Buya Syafi’i Maarif

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Rabu (22/12), kanal YouTube @Suara Muhammadiyah TV menyapa para pemirsa dengan menghadirkan bintang tamu Buya Ahmad Syafi’i Maarif. Dialog…

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *