Berita

210 Santriwati Ummul Mukminin Aisyiyah Sulsel Angkatan 31 Resmi Diluluskan

Makassar, Suara ‘Aisyiyah – Sebanyak 210 Santriwati Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Sulawesi Selatan angkatan ke-31 tahun 2023 resmi diluluskan. Kegiatan kelulusan ini dilaksanakan di Lapangan Indoor Ummul Mukminin, Jl. KH. Abd Jabbar Asyiri, Biringkanaya, Makassar pada Kamis (18/5).

Direktur Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin, Masriwaty Malik, menyampaikan bahwa kelulusan kali ini berjumlah 118 siswi SMA dan 92 santriwati Madrasah Aliyah.

Alhamdulilah kegiatan kelulusan yang ke-31 berjalan lancar dan penuh khidmat,” ungkap Masriwaty usai kegiatan.

Ia melaporkan bahwa perkembangan santriwati Ummul Mukminin dari tahun ke tahun mengalami peningkatan sangat drastis. “Ummul Mukminin memulai pendidikannya sejak tahun 1987/1988 dengan jumlah santriwati 17 orang. Tahun ini kami sedang membina santriwati sejumlah 1.424 santriwati dengan 4 satuan pendidikan SMP, MTs, SMA, MA dan alhamdulilah semua sudah terakreditas unggul,” tuturnya.

Tak hanya itu, Ia menambahkan bahwa alumni yang lulus tahun ini sebagian sudah lulus lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Alumni lain akan tersebar dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang berikutnya.

“Diharapkan untuk terus belajar, setelah mereka menumpuh pendidikan di pondok pesantren ini, para santriwati kita akan tersebar dan melanjutkan studynya baik ke perguruan tinggi negeri maupun swasta bahkan diantara mereka bercita-cita melanjutkan studynya di luar negeri,” tuturnya.

Alumni Pondok Hajjah Nuriyah Shobron UMS Surakarta ini juga berharap bahwa para santriwati yang baru saja ditamatkan senantiasa mengamalkan nilai-nilai spiritual yang telah didapatkan setelah belajar 6 tahun di Ummul Mukminin.

“Berbaktilah kepada orangtua. Hiasilah diri dengan akhlak mulia, menjaga almamater, terus berprestasi, dan terus lakukan hal-hal positif saat diluar,” harapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen, terutama kepada orangtua santriwati yang telah mengamanahkan anaknya di Ummul Mukminin. Ia berharap, semoga hal ini bisa menjadi amal jariyah sekolah.

Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Sulsel, Mahmudah, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada santriwati karena telah berjuang di Pondok selama 6 tahun, dan akhirnya resmi diluluskan.

Baca Juga: Angkatan Kedua, Ponpes Ummul Mukminin Aisyiyah Sulsel Kembali Gelar Daurah Tahfidz Saat Ramadan 

“PWA Sulsel menyampaikan rasa terimakasih kepada para pembina, mulai Direktur, Wakil Direktur, Kepala Sekolah, guru, dan semua pegawai di Ummul Mukminin. Kami menyampaikan rasa hormat atas segala keikhlasan, ketekunan, dan kesabaran dalam melaksanakan amanah dan membesarkan Pondok ini dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Tak hanya itu, Dosen UNM Makassar ini menambahkan bahwa santriwati telah banyak menimba ilmu selama di pondok, hal ini menjadi bekal untuk melangkah ke dunia yang lebih kompleks lagi mendatang. “‘Aisyiyah sebagai gerakan Islam Berkemajuan mampu menjawab tantangan zaman, punya amal usaha, apalagi punya pesantren, juga sudah punya kampus dan semua itu kiprah alumni kedepan sangat dibutuhkan. Kami berharap ananda terus memperhatikan filosofi padi, bahwa semakin berisi semakin menunduk,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Iqbal Najamuddin menyampaikan selamat atas kelulusan santriwati Ummul Mukminin, yang terus mencetak alumni putri yang berkualitas. “Pemerintah mengapresiasi dengan banyaknya pondok-pondok di Sulsel, ini memberikan ruang kemajuan tersendiri, khususnya pada kinerja indeks pendidikan kita agar terus maju di Sulsel,” tuturnya.

Ia juga mengaku bangga kepada para santriwati yang telah menuntaskan hafalannya. Ia berharap, hafalan itu terus dipertahankan. “Ijazah yang didapatkan itu hanya label bahwa pernah bersekolah. Namun, yang penting adalah bagaimana aplikasi ilmu kedepan agar menjadi pribadi-pribadi yang baik,” imbuhnya. Dengan demikian, hadirnya pondok diharapkan bisa terus bersinergi dengan pemerintah.

Acara kelulusan ini diawali dengan pengajian oleh Jalaluddin Sanusi selaku Kiai Pondok yang menjelaskan terkait pentingnya menjaga nilai kejujuran sebagai kunci segala kebaikan.

Turut hadir dalam acara kelulusan, PWM Sulsel, PWA Sulsel, Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Kementerian Agama Kota Makassar, PDA Makassar, para senior ‘Aisyiyah Sulsel, senior Pondok, Pimpinan Bank, para Alumni Ummul Mukminin, orangtua santri, Pimpinan Ummul Mukminin, Guru Ummul Mukminin, serta tamu undangan. (Amri/sa)

Related posts
Berita

Angkatan Kedua, Ponpes Ummul Mukminin Aisyiyah Sulsel Kembali Gelar Daurah Tahfidz Saat Ramadan

Makassar, Suara ‘Aisyiyah – Sebanyak 73 Santriwati Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan Daurah Tahfidz Al-Qur’an angkatan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *