7 Nutrisi Tepat bagi Ibu Pasca Melahirkan

Gaya Hidup Info Sehat 7 Agu 2021 0 128x
nutrisi bagi ibu pasca melahirkan

nutrisi bagi ibu pasca melahirkan

Setelah melahirkan, wajib bagi seorang ibu untuk mengembalikan nutrisi dalam tubuhnya. Asupan nutrisi yang tepat akan mempercepat pemulihan dan melancarkan ASI untuk si buah hati.

Laman theasianparent.com menyebutkan bahwa dalam proses melahirkan, tubuh kehilangan banyak tenaga. Oleh karena itu, memenuhi asupan makanan bergizi tinggi dapat mengganti tenaga yang hilang tersebut. Selain itu, dalam laman halodoc.com disebutkan bahwa pengaturan pola makan pada ibu hamil dapat dilanjutkan setelah ia melahirkan.

Selanjutnya, asupan nutrisi yang tepat akan mengembalikan energi, menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, dan mengembalikan cadangan zat besi tubuh yang banyak hilang saat proses kehamilan atau melahirkan. Makanan penuh nutrisi akan mengoptimalkan proses penyembuhan luka, mengendalikan hormon, dan berbagai manfaat baik lainnya bagi ibu pasca melahirkan.

Asupan Nutrisi Tepat bagi Ibu Pasca Melahirkan

Ada berbagai nutrisi dalam makanan yang dapat dikonsumsi bagi ibu pasca melahirkan. Laman hallosehat.com menyebutkan setidaknya tujuh macam nutrisi tersebut:

Pertama, karbohidrat. Karbohidrat berfungsi untuk meningkatkan energi bagi tubuh. Selain itu, karbohidrat juga dipercaya dapat memperbaiki mood setelah melahirkan. Karbohidrat yang baik didapatkan dalam makanan seperti sereal, roti gandum, dan nasi merah.

Kedua, protein. Nutrisi ini dapat membantu ibu dalam mempercepat penyembuhan luka, menjaga massa otot, dan mengoptimalkan pertumbuhan si kecil melalui pemberian ASI yang baik. Protein dapat ditemukan dalam makanan seperti putih telur, daging tanpa lemak, susu, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

Ketiga, lemak. Lemak yang terdapat dalam makanan seperti alpukat, minyak ikan, minyak ganola, dan minyak zaitun berfungsi untuk menjaga suhu tubuh serta meningkatkan penyerapan vitamin A, D, E dan K.

Baca Juga: Ibumu adalah Bidadarimu

Keempat, omega-3. Nutrisi ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berfungsi dalam meningkatkan kecerdasan anak pada proses pemberian ASI. Sumber omega-3 terdapat dalam makanan seperti teri basah, lele, sarden, tuna, salmon, dan minyak ikan.

Kelima, vitamin dan mineral. Kedua nutrisi ini bermanfaat dalam proses pemulihan tubuh, meningkatkan kualitas dan jumlah ASI, serta menjaga sistem dalam kekebalan tubuh sang ibu. Selain itu, vitamin dan mineral bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi. Nutrisi ini dapat ditemukan dalam sayuran hijau, buah-buahan, telur, produk susu rendah lemak, dan suplemen.

Keenam, zat besi. Zat besi berfungsi dalam peningkatan produksi sel darah merah dan mencegah anemia bagi ibu pasca melahirkan. Zat besi dapat dijumpai dalam makanan seperti daging sapi, daging ayam, dan sayuran hijau.

Ketujuh, kalsium. Nutrisi ini berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang bagi ibu menyusi serta membantu pertumbuhan tulang bagi si kecil. Kalsium terdapat dalam makanan seperti susu, bayam, brokoli, dan berbagai sayuran berwarna hijau gelap lainnya.

***

Nutrisi makanan tersebut wajib untuk dipenuhi ibu pasca melahirkan untuk mengembalikan tenaga bagi tubuh, serta meningkatkan ketersediaan ASI. Asupan makanan penuh nutrisi dan pola makan yang tepat perlu diperhatikan dengan saksama, sehingga ibu memperoleh tenaga untuk kembali menjaga dan merawat si kecil. (Cheny*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

 

Sumber:

https://id.theasianparent.com/menu-makanan-ibu-nifas/amp#aoh=16282564883688&amp_ct=1628256700584&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s

https://www.halodoc.com/artikel/4-cara-tepat-pilih-makanan-setelah-melahirkan

https://hellosehat.com/kehamilan/perawatan-ibu/ibu-lainnya/makanan-setelah-melahirkan/?amp=1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *