Abdul Muti: Ridha Allah Beserta Ridha Orang Tua

Berita 19 Nov 2021 0 47x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam Kajian Opini Aktual Agama & Kebudayaan (KOLAK) yang diadakan @tvMu Channel pada Rabu (17/11), Abdul Mu’ti mengatakan bahwa selama ini kata mengasuh lebih banyak dikaitkan dengan mengasuh anak, karena memang biasanya yang perlu pengasuhan itu adalah anak-anak. Akan tetapi, jika dilihat dalam kehidupan sekarang ini, istilah pengasuhan juga perlu dilekatkan dengan orang tua.

Beberapa waktu yang lalu, media sosial diramaikan dengan kabar tentang tiga orang anak yang menyerahkan orang tuanya untuk diasuh di sebuah panti. Ketiga anak tersebut mengatakan tidak lagi sanggup mengasuh orang tuanya. Bahkan ketika orang tuanya meninggal pun, mereka mengaku tidak sanggup mengurusnya sehingga semua proses pemakaman diserahkan kepada panti.

Dalam sudut pandang agama maupun sudut pandang sosial, menurut Mu’ti, perbuatan tersebut sungguh tidak terpuji.  Dalam al-Quran pun Allah memerintahkan pada kaum muslimin untuk tidak hanya menghormati orang tua, tetapi juga mencukupi kebutuhannya dan mengasuhnya.

Baca Juga: Peduli Kesehatan Jiwa, Tanamkan Nilai Spiritual

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu menjelaskan bahwa sekarang ini, karena banyak kesibukan, ketidakcocokan, dan tidak mau direpoti oleh orang tua, banyak anak yang akhirnya memutuskan untuk menitipkan atau menyerahkan pengasuhan orang tuanya ke panti (panti jompo). Tetapi menurutnya, penyebutan panti jompo kurang tepat, lebih tepat disebut dengan panti untuk lansia. Muhammadiyah menyebutnya senior care center, yakni pusat pengasuhan warga yang senior.

Lebih lanjut, Abdul menyampaikan, al-Quran menyebutkan bahwa hak orang tua itu tidak hanya hak yang berupa materi, tetapi juga hak yang bersifat sosial dan spriritual. Abdul Mu’ti mengungkapkan, kewajiban anak untuk mengasuh orang tua memang bukan sesuatu yang mudah, tetapi harus diusahakan. “Mengasuh orang tua memang lebih susah daripada mengasuh anak-anak, tetapi justru karena kesusahan itulah kemuliaan yang bisa kita raih untuk mendapatkan berkah dari orang tua, mendapatkan rahmat dalam kehidupan kita, karena doa orang tua itu adalah doa yang sangat mustajabah,” ucap Mu’ti.

Ia menambahkan, “hidup di dunia ini selain kita mentaati Allah dan Rasul-Nya, kita juga harus mentaati dan menyayangi orang tua kita. Karena ridho Allah itu beserta dengan ridho orang tua”. (silvi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *