Adakan Program TPA Mahasiswa KKN UMY Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Berita 1 Mar 2021 0 121x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) REG IT 122 UMY periode Januari – Februari 2021untuk membantu para santri di TPA Musholla An-Nur, Donotirto, Kasihan, Bantul dalam belajar membaca serta menghafal Al Qur’an.

Kegiatan TPA yang dilakukan secara rutin selama 3 kali dalam seminggu dengan tetap menjalankan protokol kesehatan tidak memadamkan rasa semangat para santri di TPA tersebut. “Meski sempat libur saat diberlakukannya PSBB Jawa-Bali selama dua pekan, para santri tetap semangat dan antusias untuk segera kembali belajar di TPA,” jelas Lutfhi Ashri Yanuar selaku Ketua KKN.

Dengan diadakannya kegiatan TPA oleh mahasiswa KKN Reguler IT 122, diharapkan  dapat memberikan intensitas lebih terhadap literasi bacaan Al Qur’an kepada para santri melalui belajar membaca Al Qur’an dan hafalan surat pendek.

Dalam Pelaksanaanya, para Mahasiswa KKN bersepakat untuk menggunakan strategi offline dan online. Strategi offline dilakukan secara langsung untuk mengajari santri belajar iqro’ dan bacaan Al Qur’an, sedangkan strategi online dilakukan untuk hapalan surat pendek.

Ketika program offline berlangsung, sebelum hendak memulai kegiatan TPA para santri wajib menggunakan masker dan melakukan pengecekan suhu tubuh, dan juga penyemprotan handsanitizer oleh pengajar anggota KKN REG IT 122.

Dalam kesempatan yang terpisah, Sri Handari Wahyuningsih selaku Dosen Pembimbing KKN REG IT 122 mengungkapkan bahwa program ini memiliki makna penting bagi para santri untuk membiasakan diri beradaptasi dengan kebiasaan baru, dengan menjaga protokol kesehatan selama mengikuti kegiatan TPA. “Anak-anak harus terbiasa dengan protokol kesehatan dalam aktifitasnya termasuk dalam belajar mengaji sehingga literasi membaca Al Qur’an tetap bisa berjalan dengan lancar dan aman,” ungkap Sri Handari.

Kontributor: Mahasiswa KKN Reguler IT 122 UMY

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *