Berita

Agus Taufiqurrahman: Muhammadiyah Harus Menggelorakan Dakwah Kultural

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Muhammadiyah dengan peran dakwahnya dikenal dengan gerakan yang melakukan dakwah bil hal. Salah satu peran dakwah Muhammadiyah dilakukan melalui seni, budaya, dan olahraga. “PP Muhammadiyah memandang hal tersebut penting agar kita senantiasa meningkatan peran dakwah melalui pendekatan seni, budaya, dan olahraga,” ujar Agus Taufiqurrahman mengantar diskusi Refleksi Akhir Tahun yang yang diadakan Lembaga Seni, Budaya, dan Olahraga PP Muhammadiyah, Kamis (30/12).

Ia menjelaskan bahwa bentuk pendekatan kepada masyarakat untuk mahasiswa yang sedang mengabdi yaitu dengan mengikuti kegiatan keagamaan di tempat pengabdian dengan baik, melakukan kegiatan seni budaya dengan baik, dan melakukan kegiatan olahraga dengan pendekatan yang baik. Jika kegiatan itu dilakukan, maka besar kemungkinan tugas dalam pengabdian tersebut akan diterima masyarakat.

Baca Juga: Haedar Nashir: Moderasi Beragama untuk Kehidupan yang Berkemajuan

Agus mengatakan, “PP Muhammadiyah mendukung kegiatan LSBO dalam rangka untuk kepentingan dakwah di persyarikatan Muhammadiyah, struktur persyarikatan yang paling bawah sampai di akarnya. Karena di situ lah adanya gerakan seni budaya itu mengakar di masyarakat”.

Ia berpendapat bahwa persyarikatan akan menjadi hebat ketika bisa mengawal seni, budaya Islam, dan budaya-budaya yang hebat tersebut untuk kepentingan dakwah Islam. Seni, budaya, dan olahraga adalah bagian dari upaya untuk menggelorakan dakwah kultural di tengah masyarakat.

“Kita berharap perhatian kita terhadap bidang yang satu ini kita masifkan sampai akar, sampai struktur terbawah, sehingga semua bisa mengawal kegiatan seni budaya yang jelas nilainya. Yang dikawal adalah hal yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam,” ujarnya. (septi)

Related posts
Sejarah

Kiai Ahmad Dahlan Menolak Menjual Muhammadiyah

Menuai kontroversi pada masa awal pendirian, lambat laut Muhammadiyah menjadi organisasi besar dan berpengaruh. Kiprah gemilang organisasi sosial-keagamaan yang didirikan Kiai Ahmad…
Berita

Tanwir Muhammadiyah: Haidar Nashir Ingatkan Peran Proaktif Muhammadiyah di Tengah Masyarakat

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Kamis (30/6), PP Muhammadiyah dan PP ‘Aisyiyah menggelar Tanwir 3 dengan tema “Optimis Hadapi Covid-19 Menuju Sukses Muktamar”….
Sosial Budaya

20 Pelajaran Kiai Ahmad Dahlan

Kiai Ahmad Dahlan dikenal sebagai pribadi yang teguh memperjuangkan kesetaraan gender. Tidak hanya dalam ucap, tapi juga dalam laku perbuatan. Siti Aisyah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.