‘Aisyiyah Kelola Bantuan Bencana bagi 300 KK di Flores Timur dari Sido Muncul

Berita 28 Apr 2021 1 66x
Penyerahan Bantuan 'Aisyiyah

Penyerahan Bantuan ‘Aisyiyah

Flores Timur, Suara ‘Aisyiyah – PT. Sido Muncul mempercayakan pengelolaan bantuan bagi warga terdampak bencana banjir bandang dan longsor akibat badai Siklon Seroja di Nusa Tenggara Timur kepada ‘Aisyiyah. Salah satu lokasi sasaran distribusi bantuannya yaitu di Kabupaten Flores Timur. Oleh Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Nusa Tenggara Timur (NTT), bantuan dari PT. Sido Muncul untuk Flores Timur disalurkan kepada 300 KK warga terdampak bencana di 4 kecamatan pada Sabtu (24/4).

Lokasi pendistribusian dan bentuk bantuan yang disalurkan ditentukan berdasarkan hasil assessment lapangan oleh tim ‘Aisyiyah. Bbahwa di 4 kecamatan tersebut terdapat kelurahan dan desa yang mengalami dampak banjir bandang dan longsor yang cukup parah, dan warga setempat masih membutuhkan bantuan.

Bantuan yang diserahkan berupa 300 paket berisi peralatan masak, hygiene kit, dan Tolak Angin. Perpaket bantuan tersebut diserahkan kepada masing-masing Kepala Keluarga (KK). Di Kecamatan Adonara Timur, bantuan didistribusikan kepada 142 KK di Desa Waiburak, 65 KK Kelurahan Waiwerang Kota, dan 13 KK di Desa Saosina. Bantuan juga didistribusikan kepada 18 KK di Desa Sagu Kecamatan Adonara, 40 KK di Desa Duwanur Kecamatan Adonara Barat, dan 22 KK di Desa Oyangbarang Kecamatan Wotan Ulumado.

Baca Juga

Melalui ‘Aisyiyah, Sido Muncul Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Bencana di NTT

Acara serah terima bantuan dilaksanakan secara simbolis di Masjid Baburahman Waiburak pada Sabtu 24 April 2021. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kamsina Kewa selaku Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah NTT kepada Camat Adonara Timur yang diwakili oleh Egedius Lega Laot selaku Lurah Waiwerang Kota. Kamsina menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan wujud kepedulian PT. Sido Muncul dan ‘Aisyiyah bagi warga terdampak bencana. “Mudah-mudahan sedikit bantuan yang bisa kami berikan ini dapat bermanfaat, dan semoga Bapak dan Ibu warga terdampak banjir bandang bersabar menghadapi musibah ini, serta bisa segera bangkit kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala, ujarnya.

Lurah Waiwerang Kota Egedius Lega Laot mengungkapkan apresiasi atas bantuan yang diberikan. “Mewakili Camat Adonara Timur dan sebagai unsur Pemerintah dari Kelurahan Waiwerang Kota, sekaligus termasuk warga terdampak bencana, saya merasa bersyukur dan berterima kasih kepada PT. Sido Muncul dan ‘Aisyiyah yang turut peduli untuk meringankan beban warga kami. Dan yang saya sangat salut adalah bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan warga saat ini yaitu peralatan dapur,ungkap Egedius saat memberikan sambutan.

Adapun paket bantuan peralatan dapur atau peralatan masak yang diberikan kepada warga yaitu ada yang terdiri dari kuali dan dandang, ada juga yang terdiri dari kuali, tempat nasi yang ada tutupnya, serta gelas dan sendok makan masing-masing setengah lusin.

Menurut Siti Aminah selaku Tim ‘Aisyiyah NTT yang mengkoordinir pelaksanaan kegiatan tersebut, persiapan dan pelaksanaan kegiatan serah terima bantuan tersebut sukses terselenggara berkat dukungan dari seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah Flores Timur. ”Terima kasih atas dukungan dan kerjasama segenap keluarga besar Muhammadiyah baik dari PDM & PDA Flores Timur, PCM & PCA Adonara Timur, dan seluruh relawan yang ada Poskor (Pos Koordinasi) Muhammadiyah, sehingga acara serah terima bantuan dari PT Sido Muncul dapat berjalan lancar dan tetap tertib mematuhi protokol kesehatan, ujarnya.  

Sebagai sekretaris PWA NTT, ia juga berharap agar warga persyarikatan khususnya di NTT dan Flores Timur dapat menjadikan kegiatan ini sebagai sarana pembelajaran dan pengalaman baru. “Sehingga apabila suatu saat nanti menghadapi musibah seperti ini kita sudah memiliki bekal untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kemanusiaan,” tutup Aminah. 

Kontributor: Siti Aminah HAS (Sekretaris PWA NTT)

Editor: Dzikrina Farah Adiba (Relawan LLHPB ‘Aisyiyah)

One thought on “‘Aisyiyah Kelola Bantuan Bencana bagi 300 KK di Flores Timur dari Sido Muncul”

Tinggalkan Balasan