‘Aisyiyah Pati, Siapkan Panti Jompo Gratis bagi Lansia Duafa

Berita 17 Jul 2020 0 90x

Pati, Suara ‘Aisyiyah- Kelompok lanjut usia duafa, perlu dijamah dan diperhatikan. Griya Lansia, milik ‘Aisyiyah Kabupaten Pati dibangun untuk memberikan bantuan bagi lanjut usia khususnya miskin duafa di kabupaten Pati. “Adanya Griya Lansia ini, bertujuan untuk membantu para lansia yang duafa, miskin, terlantar dan tidak ada yang mengurusi,” ungkap Lintal Muna selaku, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Pati dilansir dari Mitrapost.com (16/07). 

Bagi calon penghuni ungkap Lintal, harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya berusia 60-80 tahun, atas dasar keinginan sendiri, tidak pikun berat, tidak memiliki penyakit menular, tidak gangguan jiwa, dalam kedaaan dapat berjalan, mandiri dan ada pihak keluarga yang bertanggung jawab. Tentunya, tidak dipungut biaya cukup dengan melampirkan surat keterangan dari desa, jelasnya. 

Kendati demikian, penguhuni Griya Lansia ada pula atas keinginan pribadi, untuk menghabiskan masa tuanya dengan teman-teman seusianya. “Suami saya meninggal, kemudian saya disarankan teman  untuk ke sini. Saya di sini tidak sekedar lapar, namun untuk memberi jaminan saya pribadi. Saya coba 1 bulan, eh kok cocok,” imbuh Keni Mulyani dari Kabupaten Rembang. 

Griya Lansia yang dibangun sejak tahun 2018 ini, selain memberikan hunian, juga memberikan pengetahuan dan keterampilan agar kebutuhan biologis, psikologis dan spiritual Lansia terpenuhi. “Kegiatannya bermacam-macam, mulai dari mengaji, menanam, bersih-bersih, dan senam,” jelas Lintal. 

Setelah 7 bulan beroperasi, sejak peresmiannya Januari 2020, Griya Lansia kini telah mempunyai 7 orang penghuni. 

Sumber : mitrapost.com

 

 

Leave a Reply