Berita

Aisyiyah Resmikan Institut Sains Teknologi dan Kesehatan (ISTEK) Aisyiyah Kendari

Kendari, Suara ‘Aisyiyah‘Aisyiyah baru saja meresmikan berdirinya Institut Sains Teknologi dan Kesehatan ‘Aisyiyah (ISTEK ‘Aisyiyah) Kendari, Rabu (18/5). Berlokasi di Jalan Poros Bandara Haluoleo, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, ISTEK ‘Aisyiyah Kendari menjadi Perguruan Tinggi pertama di Indonesia Timur yang dikelola oleh organisasi perempuan.

Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini mengatakan bahwa peresmian ISTEK ‘Aisyiyah Kendari ini merupakan kado jelang Milad ke-105 ‘Aisyiyah. “Kehadiran ISTEK ‘Aisyiyah Kendari menjadi bagian yang ingin kami persembahkan bagi kehidupan keumatan dan kebangsaan serta membuktikan bagaimana gerakan perempuan Muhammadiyah yang hadir 105 tahun yang lalu memang telah memiliki komitmen dan akan terus berkomitmen untuk mewujudkan kehidupan kebangsaan dan keumatan kita ini menjadi kehidupan yang lebih baik,” ujarnya.

Noordjannah menyebut, kekuatan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah untuk berkontribusi bagi bangsa yang berlandaskan nilai-nilai ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin telah ditorehkan oleh tokoh Muhammadiyah-‘Aisyiyah sejak awal berdirinya. Oleh karena itu, ia mengajak agar para perempuan ‘Aisyiyah masa kini jangan pernah putus semangat maupun canggung untuk terus bergerak bagi kemajuan bangsa.

“Bagi para generasi perempuan jangan merasa canggung. Mari kita dukung dan terus bergerak melalui kemajuan umat dan bangsa melalui banyak cara. Salah satu cara yang dilakukan ‘Aisyiyah adalah ingin bersama komponen lain mencerdaskan kehidupan bangsa,”  papar Noordjannah.

Baca Juga: STIKes Muhammadiyah Tegal Berikan Beasiswa Kader Persyarikatan kepada Putri Tokoh Kokam

Upaya ‘Aisyiyah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, menurut Noordjannah, telah dimulai oleh ‘Aisyiyah pada tahun 1919 dengan berdirinya TK ABA yang pada saat itu disebut dengan frobel. “Sejak awal, ‘Aisyiyah hadir dimulai dengan usaha-usaha untuk menjadikan anak-anak generasi kita memiliki nilai-nilai dan memahami nilai keagamaan yang kuat dan memiliki ilmu yang luas,” imbuhnya.

Pada saat itu, Noordjannah menyampaikan belum ada PAUD, tetapi ‘Aisyiyah sudah merintis. Hingga kini jelang dua abad usianya, tidak hanya sampai di amal usaha pendidikan PAUD, tetapi ‘Aisyiyah bahkan telah menghadirkan baik sekolah tingkat menengah maupun Perguruan Tinggi.

Noordjannah melanjutkan bahwa upaya ‘Aisyiyah untuk mampu mendirikan perguruan tinggi yang kini sudah berjumlah 9 (sembilan) di seluruh Indonesia bukanlah upaya yang mudah, karena harus menyesuaikan dengan tuntutan regulasi yang ada. Ia juga menyebut dalam segala upayanya, ‘Aisyiyah selalu berusaha keras untuk bersungguh-sungguh dalam mengelola amal usaha, termasuk lembaga pendidikan yang dirntis dan dikelolanya.

“Tradisi Muhammadiyah mengajarkan kepada kita untuk selalu bersungguh-sungguh, untuk selalu berjihad. Jika kita bersungguh-sungguh, jika kita berjihad di jalan Allah, insyaAllah pintu kemudahan akan dibuka oleh Allah, dan kekuatan itulah yang dimiliki oleh persyarikatan kita, kata dia”.

Dalam kegiatan ini, PP ‘Aisyiyah juga melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Walikota Kendari,  Sulkarnain Kadir untuk dukungan bagi pengembangan ISTEK ‘Aisyiyah Kendari. (Suri/sb)

sumber: aisyiyah.or.id

Related posts
Berita

Tri Hastuti Dorong Warga Aisyiyah Kawal Demokrasi di Indonesia

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Menghadapi momentum Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, banyak pertanyaan dari warga ‘Aisyiyah menyangkut pilihan dan keberpihakan ‘Aisyiyah. Sekretaris Umum…
Berita

Ikhtiar Wujudkan Pemilu Inklusif dan Berkeadaban, PP Aisyiyah Adakan Madrasah Politik Perempuan

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) PP ‘Aisyiyah bekerja sama dengan Program Inklusi ‘Aisyiyah pada Sabtu (20/1) mengadakan…
Perempuan

The History of Women Ulama’s Thought

By: Samia Kotele* The autonomy of women in Southeast Asia, both economically, socially, and politically has received particular attention from historians. Women…

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *