Alimatul Qibtiyah: Pelajar harus Cerdas Digital

Berita 12 Okt 2021 0 54x

Pelajar Cerdas DigitalYogyakarta, Suara Aisyiyah – Sabtu (9/10), Ikatan Pelajar Muhammadiyah mengadakan webinar secara virtual dengan mengangkat tema “Pelajar Cerdas Digital untuk Indonesia Berkemajuan”. Webinar ini menghadirkan Alimatul Qibtiyah selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) PP ‘Aisyiyah sebagai narasumber.

Alimatul mengatakan, untuk menjadi cerdas digital, seseorang harus dapat memaksimalkan media digital sebagai sebuah ruang untuk mengembangkan potensi. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan dari dunia digital.

Baca Juga: Literasi Digital Tingkatkan Keberdayaan Ekonomi Perempuan

Dengan cerdas digital, seseorang dapat membedakan mana yang dapat dimanfaatkan dan mana yang tidak dapat dimanfaatkan. “Jangan sampai dunia digital justru menjerumuskan kita, membuat kita traumatis, membuat kita jadi tidak nyaman dalam hidup ini,” ujar Alimatul.

Dalam memaknai dunia digital, menurutnya, dilihat dari kecepatnnya, perkembangannya yang sangat cepat membuatnya sulit untuk dikejar. Akan tetapi, dilihat dari sisi kegunaanya, teknologi ini dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat jika dikendalikan dan dimanfaatkan dengan baik.

Di akhir penyampaiannya, ia menambahkan, seorang pelajar yang cerdas digital harus mempunyai etika serta memiliki keterampilan yang memadai. Sehingga dapat memaksimalkan dunia digital dengan baik untuk mengukir prestasi yang membanggakan. (silvi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *