Berita

Alpha Amirrachman: Sekolah Muhammadiyah Lahirkan Calon Pemimpin

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah H. R. Alpha Amirrachman menegaskan bahwa sekolah-sekolah Muhammadiyah mempunyai added values (nilai lebih) sebagai pembeda dengan sekolah-sekolah lain.

“Kita berharap siswa-siswa yang bersekolah di Muhammadiyah setelah lulus nanti menjadi insan yang bukan hanya cerdas, pintar, terampil, tapi juga berkarakter, berbudi pekerti, berjiwa kepemimpinan dan kepeloporan,” ujarnya dalam webinar Ngobrol Pintar Seputar Kebijakan Edukasi yang diselenggarakan oleh Vox Populi Institute Indonesia dengan tema “Evaluasi dan Prospek Pendidikan Indonesia 2022”, Ahad (6/2).

Alpha menambahkan bahwa di mana pun berkiprah, lulusan sekolah-sekolah Muhammadiyah dengan dakwah amar ma’ruh nahi munkar diharapkan dapat memberikan kontribusi dengan mendorong perubahan di dalam masyarakat menjadi lebih baik. Ia juga berharap lulusan sekolah Muhammadiyah bukan hanya sebatas menjadi pekerja, tapi juga pemimpin di komunitasnya.

Baca Juga: Menyongsong Pendidikan Masa Depan

Alpha menambahkan bahwa sekolah-sekolah Muhammadiyah tumbuh dan berkembang oleh warga Muhammadiyah di akar rumput, tidak secara sentralisasi dari pusat. “Dengan niat beramal ibadah, memberikan kontribusi mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Bahkan sebagian dari warga patungan untuk menggaji guru-guru sekolah yang mereka dirikan, ada semangat volunterism yang luar biasa,” ujar Alpha.

Hadir dalam kesempatan tersebut juga anggota Komisi X DPR Bidang Pendidikan Ferdiansyah. Ia menyampaikan mengenai anggaran di sektor pendidikan yang harus berkorelasi dengan pemulihan ekonomi nasional.

“Anggaran di sektor pendidikan juga harus punya korelasi terhadap pemulihan ekonomi nasional. Jadi bukan hanya sekadar pengeluaran, tapi pengeluaran yang membantu untuk berpartisipasi dalam pemulihan ekonomi”. (Hendra/sb)

Related posts
Berita

Rektor UMJ Tandatangani Kerja Sama dengan Kepala Sekola Muhammadiyah Se-Tegal

Tegal, Suara ‘Aisyiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Ma’mun Murod Al-Barbasy menandatangani kerja sama dengan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen)…
Sosial BudayaWawasan

Kepemimpinan dalam Perspektif Islam

Oleh: Febyolla Presilawati* Budaya Islam telah mendukung cara hidup yang lengkap, khususnya terkait peran pemimpin dalam konsep Islam.  Al-Quran dan as-Sunnah adalah…
Kalam

Memimpin dengan Panduan Al-Quran

Oleh: Muhsin Hariyanto Banyak orang yang masih bertanya: “adakah pemimpin ideal saat ini?” Seandainya ada, siapakah dia? Dan bagaimana seharusnya seseorang pemimpin…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.