Antisipasi Risiko Bencana, LLHPB PDA Jepara Hadiri Undangan Apel dan Rakor Kebencanaan

Berita 19 Nov 2021 0 36x

Jepara, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Daerah ‘Aisyiya (PDA) Jepara menghadiri undangan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Fahrurrozi, Wakil Ketua PDA Jepara Koordinator Bidang LLHPB Deny Ana I’tikafia, juga Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) yang berada dalam naungan PDM Jepara, yaitu Pemuda Muhammadiyah, Kokam, juga MDMC.

Acara dilaksanakan 2 (dua) sesi, yaitu apel siaga bencana di Alun-Alun Jepara dilanjut rapat koordinasi bertempat di Aula Museum RA Kartini Jepara, Kamis (18/11).

Dalam acara tersebut juga diadakan pengukuhan para relawan kebencanaan. Turut berpartisipasi  dalam kegiatan tersebut, semua unsur relawan, Organisasi Perangkat Daerah, dan semua yang terkait dalam kebencanaan.

Dalam sambutannya, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengungkapkan, “di penghujung tahun 2021, semua unsur harus siap terlibat dalam antisipasi kebencanaan, jangan sampai camat khususnya, tidak mengetahui bahwa di daerahnya telah terjadi bencana, juga aparat di OPD, semua terlibat di dalamnya,” tegasnya.

Baca Juga: Gerakan Peduli Lingkungan

Menurut Wakil ketua PDA Jepara Korbid LLHPB, “LLHPB ‘Aisyiyah merupakan lembaga baru dalam ‘Aisyiyah, selama ini berperan aktif dalam penanggulangan bencana, menginduk pada MDMC setempat, membantu dalam urusan dapur umum dan psikososial,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Deny Ana I’tikafia yang juga selaku ketua Divisi Lingkungan Hidup LLHPB PWA Jawa Tengah, “LLHPB tidak hanya fokus pada urusan kebencanaan, namun juga divisi Lingkungan Hidup dalam kegiatan pengurangan risiko bencana, yang saat ini marak membuat gerakan sporadis, yaitu gerakan tanam pohon sistem pola asuh dan Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS), bergerak menggandeng semua majelis, lembaga dan ortom dengan tetap mengedepankan slogan semangat untuk tangguh hadapi bencana One Muhammadiyah One Respon (OMOR),” tandasnya. (Deny Ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *