Berita

Anwar Abbas: Pemberdayaan Masyarakat adalah Tugas Luhur dan Mulia

Anwar Abbas_Pengajian Umum PP Muhammadiyah

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah“Selama rakyat masih menderita, tidak ada kata istirahat!”. Motto hidup Said Tuhuleley itu kini menjadi kredo Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah. Ketua MPM PP Muhammadiyah, M. Nurul Yamin mengatakan bahwa pemberdayaan bukanlah sesuatu yang instan, tetapi proses panjang dan berkelanjutan.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam forum silaturahmi MPM PP Muhammadiyah periode 2022-2027. Dalam forum tersebut, Yamin menekankan, “kita akan melakukan penajaman-penajaman program kerja di Raker bulan ini. Meskipun kerja-kerja pemberdayaan tetap jalan selama ini, meski SK belum disahkan”.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas. Kepada anggota MPM PP Muhammadiyah, ia mengingatkan bahwa gerakan pemberdayaan yang dilakukan Muhammadiyah punya dua dimensi, yakni ketuhanan dan kemanusiaan.

Baca Juga: Riza Azyumarridha Azra Si Anak Singkong

Setiap gerak langkah yang dilakukan Muhammadiyah, kata dia, bersandar pada perintah Allah swt. Upaya Muhammadiyah untuk mengurangi kemiskinan melalui aksi pemberdayaan pun demikian. Ia merupakan bagian dari perintah Allah untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

“Terkait dengan masalah ekonomi umat, kata orang arif, kefakiran itu akan bisa membuat orang berlaku kufur, berlaku tidak tunduk dan tidak patuh pada Rasulullah,” kata Abbas yang hadir secara daring, Selasa (28/2).

Muhammadiyah melalui MPM, terang Abbas melanjutkan, punya tugas mengurangi kemiskinan yang disebabkan tersendatnya kran ekonomi. Menurutnya, tugas tersebut merupakan tugas luhur dan mulia.

Kemudian, ia berharap Muhammadiyah dapat mendorong terwujudkan ekonomi yang berkeadilan, yakni mensirkulasi perputaran ekonomi yang merata. Sehingga mampu menjaga stabilitas publik yang kerapkali diakibatkan adanya ketimpangan ekonomi. (ppm/sb)

Related posts
Berita

Muhammadiyah Tingkatkan Kesejahteraan Pemulung Melalui Pembangunan Rumah Produksi Pengolahan Sampah

Bantul, Suara ‘Aisyiyah – Program kolaboratif Muhammadiyah untuk kesejahteraan kelompok Pemulung Mardiko di TPA Piyungan, Bantul melalui perbaikan lingkungan dan kesehatan dalam…
Berita

MPM PP Muhammadiyah Resmikan Pusdiklat JATAM di Karanganyar

Karanganyar, Suara ‘Aisyiyah – Wakil Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah, Ahmad Romadhoni meresmikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Jamaah Tani…
Berita

MPM PP Muhammadiyah Dorong Nelayan Maksimalkan Potensi Maritim Indonesia

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah mengadakan diskusi “Rembug Nelayan” dengan memperkenalkan metode log book dalam menangkap ikan….

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *