Apakah Ibu Terpapar Covid-19 Boleh Menyusui?

Gaya Hidup Info Sehat 5 Agu 2021 0 77x
Ilustrasi ibu dan anak

Ilustrasi ibu dan anak

Pandemi Covid-19 menjadi salah satu permasalahan yang menyita banyak perhatian masyarakat saat ini. Kesehatan masyarakat menjadi salah satu topik penting pada setiap pertemuan yang diadakan, baik formal maupun informal. Masyarakat menjadi waspada dengan berbagai gejala yang terjadi pada keluarga atau orang terdekat.

Covid-19 dapat menular pada siapa saja. Setiap orang berpotensi terkena virus tersebut apabila berinteraksi langsung dengan pasien Covid-19, apalagi jika tidak menerapkan protokol kesehatan. Covid-19 dapat menyerang siapa saja, mulai anak-anak sampai orang lanjut usia, termasuk ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga: Peran Ibu dalam Menyiapkan Generasi Muda

Gejala yang dialami orang biasa dan ibu menyusui pada umumnya sama, tidak terdapat perbedaan signifikan di antara keduanya. Namun pada ibu menyusui proses isolasi mandiri harus dilakukan dengan lebih ketat, karena mereka masih mempunyai kewajiban untuk tetap memberikan ASI kepada anak dan menjaga agar anak tidak terpapar Covid-19.

Sama halnya dengan orang pada umumnya, bayi dan anak juga memiliki risiko penularan Covid-19 dengan banyak kemungkinan penularan. Penularan dapat terjadi saat berinteraksi dengan ibu atau orang-orang sekitar bayi yang terinfeksi Covid-19.

Cara Aman Menyusui bagi Ibu Terpapar Covid-19

Ikatan Dokter Anak Indonesia dalam akun instagramnya @idai_ig menyebutkan bahwa ibu yang terpapar Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri boleh melakukan kontak kulit dengan bayi. Dengan catatan sang ibu mencuci tangan terlebih dahulu dan membersihkan area kulit yang bersentuhan dengan bayi, serta tetap memakai masker saat merawat bayi.

Mengutip laman alodokter.com, demi mencegah penularan Covid-19 pada bayi atau anak yang berada pada tahap menyusui, terdapat cara aman yang dapat dilakukan oleh ibu yang terpapar Covid-19 yang sedang menyusui, yakni:

Pertama, memakai masker saat berdekatan atau bersentuhan dengan bayi dan anak, juga saat memberikan ASI. Upayakan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan walaupun sedang berinteraksi dengan buah hati.

Kedua, mencuci tangan dan bersihkan puting beserta kulit di sekitarnya sebelum dan sesudah menyusui bayi, juga saat sebelum memerah ASI. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah melakukan kontak dengan bayi.

Baca Juga: Bagaimana Idealnya Ayah dalam Pengasuhan Anak?

Ketiga, pastikan peralatan untuk menyusui bersih secara keseluruhan untuk menghindari kemungkinan penularan antara ibu dan anak. Peralatan yang wajib steril adalah botol bayi, dot, pompa ASI, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Keempat, apabila terlihat kondisi yang membahayakan dari ibu menyusui dengan gejala Covid-19 yang berat, seperti demam, sesak napas, batuk kering dan berdahak, sakit kepada, dan lemas dianjurkan untuk tidak memberikan ASI kepada bayi dan anak. Berikan susu formula sebagai pengganti ASI untuk sementara waktu sampai kondisi ibu membaik dan sembuh dari Covid-19.

Apabila ibu menyusui merasakan berbagai gejala Covid-19, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan tim medis untuk mendapatkan perawatan atau sosialisasi mengenai penerapan protokol kesehatan bagi ibu yang sedang menyusui. Pembatasan interaksi antara ibu dan bayi serta anak dilakukan sampai sembuh dan bebas dari Covid-19. (Cheny*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

 

Sumber:

https://www.pfimegalife.co.id/literasi-keuangan/kesehatan/read/tips-aman-menyusui-bagi-ibu-pengidap-covid-19

https://www.alodokter.com/infeksi-virus-corona-pada-ibu-menyusui-ini-yang-perlu-anda-ketahui

https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/04/090200823/ibu-terinfeksi-covid-19-bolehkah-menyusui-bayinya-ini-kata-dokter?newnavbar=1&page=all#page2

https://www.instagram.com/p/CSGhUyYHxaG/?utm_medium=copy_link

Tinggalkan Balasan