Aspek Lain Nabi Muhammad yang Jarang Dikaji

Aksara 2 Jun 2021 1 119x
Buku Kejeniusan Strategi Rasulullah

Buku Kejeniusan Strategi Rasulullah

Oleh: Imron Nasri*

Judul Buku       : Kejeniusan Strategi Rasulullah saw

Penulis             : Syeikh Omar Khayyam

Penerbit          : Pustaka Hati, Yogyakarta, 2018, Cetakan I

Tebal Buku      : xxix, 503 halaman

Selama ini, buku-buku yang membahas Nabi Muhammad saw. lebih banyak pada aspek-aspek religius atau spiritualnya. Sementara itu, buku mengenai aspek-aspek prestasi yang telah dicapai oleh Nabi Muhammad saw. belum banyak, misalnya prestasi beliau ketika menjadi kepala negara atau ketika memimpin peperangan. Pada umumnya para penulis tidak membedakan antara Islam dan Muhammad saw., bahkan sebagian penulis dari luar Islam mengabaikan prestasi-prestasi yang sudah dibuat oleh beliau.

Sebagian cendekia Barat melihat Muhammad saw. sebagai tokoh sejarah yang kontroversial. Beberapa dari mereka menganggap beliau memiliki watak buruk, seperti penjilat, suka menipu, dan penuh hawa nafsu. Walaupun demikian, beberapa penulis Barat seperti W. Montgomery Watt, Martin Lings, Karen Armstrong, dan Barnaby Rogerson telah membuat kontribusi seimbang yang bernilai tinggi. Secara keseluruhan, tulisan mereka memberi pemahaman tentang kehidupan dan prestasi Muhammad saw.

Kehidupan Nabi Muhammad saw. jelas menjadi topik yang menakjubkan bagi pikiran mana pun. Beliau cerdas dan penuh rasa ingin tahu. Pengaruh Nabi Muhammad saw. sungguh nyata bagi sejarah dunia. Nabi Muhammad saw bersabda, unggulnya manusia beriman saleh yang terpelajar dibandingkan mereka yang sekadar beriman saleh adalah seperti bulan purnama dibandingkan bintang-bintang yang ada di sekitarnya (yaitu, terkait dengan kadar terangnya)”.

Banyak cendekiawan Barat telah mengakui Muhammad saw. sebagai manusia paling berpengaruh di dalam sejarah dunia. Ini bukan hanya karena beliau berhasil mengubah pandangan dunia sebuah masyarakat, namun juga melalui praktik-praktik kesehariannya, beliau telah membentuk sebuah bangsa bersatu dari banyak kelompok berbeda-beda dan dari suku-suku yang saling berkonflik di masa itu. Karena usaha beliau, hingga sekarang ini (setelah 1400 tahun berlalu) lebih dari satu setengah miliar muslim hidup di seluruh dunia hari ini. Mereka berusaha mengikuti jejak langkah dan perilaku Nabi Muhammad saw. di dalam rutinitas mereka.

Baca Juga

Muhammadiyah Kotagede Setelah 40 Tahun

Buku ini, sebagaimana dikatakan penulisnya, secara khusus difokuskan pada pembahasan tentang kejeniusan Nabi Muhammad saw. sebagai seseorang yang ahli strategi. Mengutip pengertian strategi seperti yang dimuat dalam Webster New Universal Unabridge Dictionary, penulis buku ini mendefinisikan strategi sebagai “sebuah rencana, metode, atau serangkaian manuver atau stratagem untuk meraih satu tujuan atau hasil spesifik.”  Sebuah stratagem dapat didefinisikan sebagai ‘sebuah rancangan atau skema yang digunakan untuk meraih satu tujuan’ atau ‘untuk meraih sebuah keuntungan dari seorang lawan’.

Buku ini, adalah sebuah upaya untuk memahami strategi-strategi yang beliau adopsi ketika mengejar tujuan utama beliau, yaitu menyebarkan Islam di Arabia dan seluruh dunia. Kejeniusan dan kecemerlangan Nabi Muhammad saw. tidak dapat diragukan lagi karena beliau memang sukses membentuk sebuah kelompok suku-suku yang awalnya terpisah-pisah, tidak terorganisasi, dan terbelakang menjadi satu dunia adidaya hanya dalam waktu tiga dekade. Beliau membawa dan menyebarkan sebuah agama dunia yang sangat kuat. Sekarang satu dari lima manusia adalah muslim dan hanya agama ini yang paling cepat pertumbuhannya di seluruh dunia saat ini.

Buku ini terbagi menjadi dua bagian besar. Bagian pertama, menyajikan berbagai strategi yang digunakan Nabi Muhammad saw. untuk meraih tujuan-tujuan beliau. Hal ini menjadi menarik karena kita diajak untuk memahami pada konteks strategi-strategi tersebut dilakukan. Bagian kedua, disajikan sebuah sejarah singkat tentang riwayat Nabi Muhammad saw.

Tujuan bab ini untuk memperkenalkan sejarah hidup Nabi Muhammad saw. dan menyoroti peristiwa-peristiwa di dalam kehidupan beliau. Bab ini membantu pembaca yang tidak akrab dengan biografi Nabi Muhammad saw. untuk memiliki kerangka dasar pemahaman yang tepat sehingga dapat mengapresiasi strategi-strategi Nabi Muhammad saw. ketika mengejar tujuan jangka panjang seumur hidupnya. Bagian pertama dapat disebut sebagai inti buku ini, sedangkan bagian kedua menjadi pengingat yang berguna tentang biografi pribadi Nabi Muhammad saw.

*Anggota Majelis Tabligh PWM DIY

One thought on “Aspek Lain Nabi Muhammad yang Jarang Dikaji”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *