Berita

Assessor Standar Islami RS Muhammadiyah-Aisyiyah (SIRSMA) Resmi Dilantik

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Rumah Sakit Muhammadiyah-‘Aisyiyah (RSMA) adalah salah satu Amal Usaha Muhammdiyah (AUM) yang memiliki posisi strategis untuk mewujudkan cita-cita Muhammadiyah dalam bidang pelayanan sosial dan kesehatan. Karena posisinya sebagai salah satu Amal Usaha dalam persyarikatan Muhammadiyah, maka RS Muhammadiyah-‘Aisyiyah (RSMA) juga mengemban tanggung jawab untuk merealisasikan tujuan final berdirinya Muhammadiyah, yaitu mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Sebagai konsekuensinya, RSMA harus mendapatkan sentuhan bahkan warna Al-Islam dan Kemuhammadiyah. Pihak-pihak yang harus mendapatkan warna tersebut adalah semua sivitas hospitalia RSMA, mulai dari pejabat struktural, para dokter dan tenaga medis, karyawan, komite SIRSMA, para assesor SIRSMA, dan lainnya.

Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MPKU PPM), Agus Samsudin menyampaikan SIRSMA sangat penting untuk terus dimonitor dan dievaluasi pelaksanaannya, di mana salah satu isu utama dalam kehidupan sehari-hari adalah bagaimana ber-Islam secara kaffah. Upaya Muhammadiyah dalam menerapkan SIRSMA merupakan sebuah bagian ber-Islam secara baik dan merupakan perjalanan atau journey untuk mencapai kaffah.

Pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan kepada karyawan dan bagaimana manajemen menjalankan cara-cara yang baik menurut Islam sesuai paham Muhammadiyah. Agus menekankan bahwa SIRSMA sebagai sebuah journey mulai hal-hal yang kecil hingga besar untuk perbaikan RSMA.

Landasan filosofis dan landasan agama yang kuat, lanjutnya, diharapkan tidak hanya sebagai pemahaman, namun terimplementasi dalam sikap dan perilaku dalam mengelola RS dan dalam memberikan pelayanan. Bagaimana mewujudkan landasan yang kuat yang tampak dalam perilaku Islami dalam mengelola manajemen dan memberikan pelayanan di rumah sakit. Dengan keberadaan SIRSMA dan Lembaga Akreditasi, Muhammadiyah yang memiliki setidaknya 120 RS, bertekad mewujudkan RS Muhammadiyah-‘Aisyiyah Islami yang unggul.

Baca Juga: Pembaruan Kiai Ahmad Dahlan: dari Rasionalisasi Fungsional Agama hingga Membudayakan Agama

Ketua Komite SIRSMA, Agus Sukaca dalam salah satu paparannya menyampaikan, RSMA merupakan kendaraan menuju pintu surga dengan memberikan standar pelayanan yang Islami dan unggul. Sejak awal pendiriannya, RS PKU Muhammadiyah oleh KH Sudjak disebutkan sebagai RS yang dikelola dengan bersendi secara Islam. Sehingga sejak awal RSMA berdiri, sudah didesain dengan pengelolaan secara Islam, dengan istilah yang saat ini yang sering digunakan adalah syariah.

Pelantikan assessor SIRSMA yang dilakukan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agus Taufiqurrohman pada Rabu (2/2) bertempat di Amphitheater Fakultas Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ini diikuti oleh 40 orang assessor. Assessor SIRSMA siap mengemban tugas mendampingi RSMA untuk menerapkan Standar Islami Rumah Sakit Muhammadiyah-‘Aisyiyah. Pelantikan ini menunjukkan keseriusan Muhammadiyah dalam menerapkan nilai-nilai Al Islam Kemuhammadiyah dalam Amal Usaha yang dimilikinya, khususnya kesehatan.

Hadir dalam pelantikan tersebut, sekaligus sebagai assessor SIRSMA adalah Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Syamsul Anwar. (humas)

Related posts
Berita

UKMK Tapak Suci UIN Palembang Selenggarakan Pelantikan Pengurus Baru

Palembang, Suara ‘Aisyiyah – Pelantikan kepengurusan UKMK Tapak Suci UIN Raden Fatah Palembang tuai sambutan hangat oleh Tapak Suci mancanegara. Jika tahun…
Berita

PD Pemuda Muhammadiyah Jakarta Timur Dilantik

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Jakarta Timur melaksanakan kegiatan Pelantikan pengurus baru sesuai Surat Keputusan Pimpinan Wilayah Pemuda…
Berita

Peringati Hari TB Sedunia, 48 RSMA Terlibat dalam Percepatan Penemuan dan Penanganan TB di Indonesia

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Setiap tahun, dunia memperingati Hari Tuberkulosis (TB) yang jatuh pada 24 Maret. Tujuan peringatan tersebut adalah meningkatkan kesadaran…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.