Bangun Ketahanan Pangan di Masa Pandemi, Dosen Manajemen UMY Adakan Lomba Tanaman Sayur

Berita 14 Aug 2020 0 93x


Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah- Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan pengabdian berbasis ketahanan pangan di Komunitas Wanita Tani (KWT) Amanah, Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Bausasran, pada Kamis (14/08).

Bentuk pengabdian yang dilakukan adalah mengadakan lomba tanaman sayur di lingkup KWT Amanah dan PRA Bausasran. “Kegiatan ini, sekaligus mendorong lingkup mereka untuk memperbanyak tanaman sayur,” tutur Meika Kurnia Pudji RDA selaku anggota tim pengabdian. Disamping itu, kegiatan ini juga sejalan dengan program ketahanan pangan yang sedang digalakkan oleh pemerintahan Kota Yogyakarta. 

Terkait jenis tanaman yang dilombakan, sengaja dipilih tanaman yang perawatannya tidak begitu sulit, seperti Terong Ungu, Tomat Hijau serta Cabe Rawit. Mengingat tidak semua anggota KWT Amanah memiliki banyak waktu dalam perawatan. 

Pengabdian yang berlangsung pada bulan Februari 2020 hingga awal Mei 2020 ini, diawali dengan pembagian bibit dan diakhiri dengan penetapan pemenang lomba.

Di Akhir, Isthofaina Astuty, Ketua Tim Pengabdian, mengungkapkan bahwa pengabdian ini bertujuan untuk menggairahkan kembali keterlibatan anggota KWT Amanah, dalam kegiatan-kegiatan mereka di KWT Amanah itu sendiri, tutupnya. (Gustin Juna)

 

Leave a Reply