Wirausaha

Bazar Ramadan

bazar
bazar

bazar (foto: pixabay)

Oleh: Tito Yuwono*

Bazar Ramadan

Banyak kemanfaatan

Membantu warga kekurangan

Untuk pemenuhan kebutuan

 

Bazar Ramadan

Media pemasaran

Produk warga diperkenalkan

Menuju warga mandiri dan berkecukupan

***

Salah satu agenda Ramadan yang biasa dilakukan takmir masjid adalah bazar Ramadan. Dalam bazar ini digelar produk yang relatif lebih terjangkau. Banyak produk yang dijajakan di bazar ini seperti baju, gula, minyak, dan kebutuhan pokok lain serta produk warga.

Menurut KBBI, bazar adalah “pasar yang sengaja diselenggarakan untuk jangka waktu beberapa hari; pameran dan penjualan barang-barang kerajinan, makanan, dan sebagainya yang hasilnya untuk amal; pasar amal”.

Ada banyak manfaat dari bazar Ramadan ini. Di antaranya adalah:

Pertama, untuk membantu warga yang berkekurangan. Biasanya harga barang-barang di bazar lebih murah dari harga di pasaran. Maka dengan bazar ramadan ini, akan sangat membantu warga yang mempunyai daya beli rendah untuk pemenuhan kebutuhan.

Saat ini banyak keluarga yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup dengan wajar. Karena antara pendapatan dengan harga-harga kebutuhan pokok tidak seimbang. Sehingga ini merupakan aktivitas sosial yang sangat baik untuk membantu mustadh’afin.

Kedua, bazar Ramadan juga sangat bermanfaat untuk memasarkan potensi produk warga. Banyak warga yang mempunyai potensi membuat produk, namun kesulitan untuk memasarkan. Maka dengan bazar ramadan akan menjadi media pengenalan produk warga.

Dengan demikian, warga yang mempunyai produk lebih mudah dalam memasarkan. Kendala besar saat ini bagi warga adalah memperkenalkan dan memasarkan produknya.

Baca Juga: Zakat Fitri: Waktu, Kadar Pembayaran, dan Penerima

Ketiga, bagi penjual lama, bazar Ramadan sangat membantu untuk membantu menambah atau mempertemukan dengan konsumen baru. Hal ini karena bazar biasanya didatangi oleh banyak warga.

Dengan mempertemukan dengan konsumen baru maka akan menambah potensi pembeli. Bagi penjual lama dengan menambah produk baru, bazar akan sangat bermanfaat memperkenalkan produk baru tersebut ke warga.

Keempat, bazar sangat baik untuk meningkatkan ingatan konsumen terhadap penjual serta produk yang dijual. Ingatan konsumen ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kuantitas konsumen.

Jika suatu saat konsumen memerlukan produk, salah satu yang menjadi referensi adalah penjual bazar. Misalnya ketika konsumen di bazar membeli makanan yang dinilai enak oleh konsumen tersebut. Maka suatu saat jika ingin beli makanan yang enak, ingatannya tertuju pada penjual di bazar tersebut.

Demikian tulisan ringan berkaitan manfaat bazar Ramadan. Bazar ini sangat bermanfaat untuk warga dan sangat baik untuk dilestarikan.

Wallahu a’lam bishshowab

*Dosen Jurusan Teknik Elektro-Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Sekretaris Majelis Dikdasmen PCM Ngaglik, Sleman, Ketua Joglo DakwahMu Almasykuri Yogyakarta

Related posts
Finansial

Efek Positif Ramadan dan Lebaran bagi Ekonomi Umat

Oleh: Leonita Siwiyanti* Selama bulan Ramadan, pasar tradisional menjadi pusat aktivitas pedagang dalam menjajakan berbagai makanan khas untuk berbuka puasa. Hal ini…
Berita

Santunan Keluarga Aisyiyah Digelar MKS PCA Kotagede

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Pada Jumat (5/4) di rumah keluarga Ari, Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS) Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kotagede  menggelar Taawun…
Berita

Refleksi Ramadan 1445 H, Haedar Nashir: Lulus dengan Predikat sebagai Insan yang Bertakwa

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Ramadan 1445 H berakhir, tentu yang diharapkan dari yang menjalankan Ibadah Puasa Ramadan adalah lulus dengan predikat sebagai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *