Hikmah

Beginilah Cara Memaksimalkan Bulan Ramadhan Bagi Perempuan

ramadhan
ramadhan

ramadhan (foto: istockphoto)

Bulan Ramadhan ialah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia. Bulan Ramadhan begitu istimewa karena seluruh pahala ibadahnya dilipatgandakan 10 kali hingga 700 kali lipat. Terlebih bagi kaum perempuan. Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu ibadah yang dapat mengantarkan perempuan agar bisa masuk surga dari pintu mana saja.

Hal itu sesuai sabda Rasulullah saw. (yang artinya), “jika seorang perempuan selalu menjaga salat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada perempuan yang memiliki sifat mulia ini, “masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471).

Akan tetapi, seperti yang kita ketahui bahwa perempuan ialah makhluk Allah yang sangat istimewa. Ia ditakdirkan oleh Allah swt. dengan menstruasi, hamil, dan menyusui. Hal inilah yang menjadikan perempuan tidak bisa melakukan puasa satu bulan penuh lamanya. Terkadang banyak perempuan yang merasa sedih karena tidak bisa berpuasa full di Bulan Ramadhan. Padahal masih banyak jenis ibadah lainnya yang dapat dilakukan agar setiap waktunya digunakan dengan baik.

Baca Juga: Angkringan Aisyiyah Kadipaten Kulon Nur Karimah Songsong Ramadhan Bersama Anak

Maka beberapa kegiatan di bawah ini dapat dilakukan khususnya bagi kaum perempuan agar dapat memaksimalkan dirinya di bulan Ramadhan:

Pertama, berdoa. Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah saw. bersabda,

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

Artinya, sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan” (HR. Al Bazaar).

Selain hadits tersebut, ada pula beberapa hadits yang menyebutkan bahwa terdapat tiga waktu utama dikabulkannya doa di Bulan Ramadhan, yaitu waktu sahur, saat berpuasa, dan saat berbuka puasa.

Kedua, berdzikir dan shalawat. Allah swt. menjanjikan ampunan dan pahala yang besat bagi siapa yang terus berdzikir kepada-Nya. “Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar” (Q.S. Al-Ahzab: 35).

Ketiga, menuntut ilmu. Allah swt. akan meninggikan derajat hamba-Nya yang senantiasa belajar di mana pun dan kapan pun. Banyak cara yang dapat dilakukan agar dapat mendapatkan ilmu dengan baik. Seperti mendengarkan ceramah di masjid, menonton kajian agama secara online, atau sekadar melihat konten dakwah di media sosial.

Ketiga, bersedekah. Bersedekah termasuk cara yang sangat mudah dilakukan juga mendapat pahala yang sangat besar. Bentuknya bisa dengan cara memberikan makan sahur atau berbuka bagi yang berpuasa. Nabi saw. bersabda (yang artinya), siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga” (HR.Tirmidzi)

Semoga tips di atas dapat mengingatkan kaum perempuan bahwa masih banyak hal yang dapat dilakukan selain berpuasa untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda di bulan Ramadhan kali ini. (maudy)

Related posts
Sosial Budaya

Perempuan-Perempuan Palestina

Oleh: Hajriyanto Y. Thohari Perjuangan bangsa Palestina untuk merdeka sampai hari ini telah berlangsung hampir 75 tahun. Dalam masa tiga perempat abad…
Berita

Ini Tiga Langkah Strategis Mendorong Perempuan Terjun ke Bidang Iptek

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Siti Zuhro, Peneliti Bidang Perkembangan Politik Lokal Badan Riset dan Inovasi Nasional menyampaikan bahwa prospek perempuan dalam bidang…
Berita

Di Bidang Iptek, Perempuan Harus Ditempatkan sebagai Partner in Progress

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Meski tidak sederhana, menurut Amin Abdullah, tema “Posisi Perempuan Berkemajuan: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Kemanusiaan Universal” yang diangkat…

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.