Belasan Sumur Ambles, PDA Klaten Berikan Bantuan Kepada Warga Terdampak

Berita 23 Feb 2021 0 66x
PDA Klaten Berikan Bantuan

PDA Klaten Berikan Bantuan

Klaten, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Klaten memberikan bantuan kepada sejumlah warga yang sumurnya ambles di Desa Jungkare, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Senin (22/2). Pemberian tersebut bertempat di Balai Desa Jungkere.

Menurut Kepala Desa Jungkare Wakhid Mukhsin, belasan sumur milik warga ambles secara bertahap sejak dua pekan terakhir. “Tidak bersamaan, tapi mulai dua minggu yang lalu terus bertambah,” ujarnya.

Seusai memberikan bantuan, rombongan yang dipimpin Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Klaten Siti Komariyah bergerak ke lokasi kejadian. Dari hasil pantauan di lokasi, sumur warga yang ambles berada di pemukiman padat warga. Sebagian besar sumur tersebut berupa sumur gali di luar rumah. Sumur beserta temboknya masuk ke tanah, sehingga yang tampak hanya lubang di permukaan. Sebagian besar lubang yang ambles sudah ditutup, meskipun tidak rata dengan permukaan tanah.

Muchlis menjelaskan, dari dua belas sumur, delapan di antaranya tanahnya sudah ambles. Sementara empat lainnya menunjukkan tanda-tanda retak. Curah hujan yang tinggi dan berkelanjutan, menurut Mukhlis, diduga jadi penyebabnya. “Tahun ini curah hujan tinggi, sampai-sampai volume air di sumur naik 2 (dua) sampai 3 (tiga) meter dari permukaan normal, sehingga lapisan yang pasir tergerus,” jelasnya.

Salah seorang warga, Wasil (55), mengatakan bahwa sumur milik keluarganya merupakan sumur pertama yang runtuh dan ambles. Tidak hanya sumur dan tembok yang masuk ke tanah, tapi juga bangunan kamar mandi. “Kejadiannya sekitar jam 03.00 WIB. Sumur dan bangunan kamar mandi masuk ke tanah, jadi untuk sementara cari air ke tetangga,” ujar Wasil ketika dihubungi detikcom.

Siti Komariyah menyampaikan bahwa masing-masing warga yang sumurnya ambles menerima bantuan senilai satu juta rupiah. “Tidak seberapa bantuannya, namun kami berharap yang sedikit ini bisa meringankan beban mereka yang terdampak,” pungkasnya. (SB)

Tinggalkan Balasan