Berkunjung ke Tuban, PWA Jawa Timur Mendata Anak Yatim Akibat Covid-19

Berita 13 Des 2021 1 94x

Tuban, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Timur melakukan kunjungan ke dua Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) yang ada di Kabupaten Tuban, Ahad (12/12). Dua PCA yang dimaksud yaitu PCA Kerek dan Bancar.

Kunjungan tersebut bertujuan melakukan assessment terhadap dua cabang tersebut yang tengah menjalankan fungsi sosial dari gerakan ‘Aisyiyah, yaitu menyantuni anak yatim yang ditinggal mati oleh orang tuanya.

Assessment dipimpin oleh Wakil Ketua PWA Jawa Timur, Ibu Nur Haida dan penyantunan anak yatim, piatu, yatim-piatu Covid-19 oleh Majelis Kesejahteraan Sosial bekerja sama dengan Lazismu,” tutur Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah PDA Tuban Neffi Mudhalifati.

Melalui assessment, PDA Tuban juga melakukan pendataan ulang terhadapa anak-anak tersebut.

“Kami mendata, anak-anak tersebut, keberadaan dalam asuhan siapa, untuk kelanjutan biaya hidupannya bagaimana?” tandasnya.

Baca Juga: Jejak Emas Filantropi Muhammadiyah-Aisyiyah

Dari pendataan tersebut, anak-anak yang di bawah asuhan PCA Kerek berjumlah 14 (empat belas) anak dan Bancar berjumlah 8 (delapan) anak.

Dia mengatakan, anak-anak yang berada di bawah asuhan PCA Kerek ada beberapa ibu dari anak tersebut yang tidak bekerja, sementara anak tersebut masih menjadi tanggung jawab ibunya.

Alhamdulillah tidak hanya menyantuni anak-anaknya, PCA Kerek juga mencarikan pekerjaan bagi sang ibu sesuai bakatnya dan akan diberikan pelatihan,” kata Neffi.

“Intinya, PCA siap membantu untuk memberikan pelatihan, seperti menjahit, membuat kue, atau pelatihan memasak. PCA Kerek mempunyai usaha catering dan pernah mengadakan pelatihan yang di-support dana CSR Semen Indonesia,” imbuhnya.

Sementara untuk PCA Bancar ditemukan ada satu anak laki-laki yang dikeluarkan dari sekolahnya saat anak tersebut duduk di kelas 2 SMP.

“PCA Bancar juga mencari solusi terhadap kasus itu. Ada salah satu guru ABA yang siap membantu untuk melanjutkan kembali pendidikannya melalui kejar paket,” tutur Neffi.

PDA Tuban sebelumnya juga telah melakukan pendataaan, dan datanya telah disampaikan ke Dinas Sosial Kabupaten Tuban selaku pihak berwenang.

“Data anak-anak tersebut juga sudah kami laporkan ke Dinas Sosial, sehingga dari dinaspun ada tindak lanjutnya,” tutur Neffi.

Dalam kesempatan itu, PWA dan PDA juga memberikan edukasi kepada anak-anak yang usianya menginjak remaja sepeninggal orag tuanya untuk bisa bergaul di masyarakat dengan baik, berhati-hati dalam memilih teman, dan hindari pergaulan bebas. (Iwan Abdul Gani)

One thought on “Berkunjung ke Tuban, PWA Jawa Timur Mendata Anak Yatim Akibat Covid-19”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *