BIKKSA PWA Jawa Timur Gelar Kajian tentang Hukum Adopsi Anak menurut Islam dan Negara

Berita 12 Okt 2021 0 42x

Jawa Timur, Suara ‘Aisyiyah – Ahad (10/10), Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Timur mengadakan Kajian Biro Informasi dan Konsultasi Keluarga Sakinah Aisyiyah (BIKKSA) yang bertema “Adopsi Anak dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Negara”. Pemateri kajian BIKKSA yang perdana ini disampaikan oleh Siti Aisyiyah dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah dan Arini Jauharoh selaku Notaris dan Ketua Hukum dan HAM PWA Jatim.

Dalam materinya, Siti Aisyah menjelaskan bahwa Islam telah lama mengenal istilah tabbani atau adopsi. Rasulullah saw. pun mempraktikkannya langsung yakni, ketika beliau mengakat Zaid bin Haritsah sebagai anak angkatnya.

Lalu, menurutnya, praktik tabbani dalam arti pengasuhan anak juga telah dipraktikan oleh Kiai Ahmad Dahlan dengan berlandaskan pada Q.S. al-Maun. “Anak angkat dalam arti pengasuhan anak itu sudah diawali oleh Kiai Dahlan. Kan waktu itu yang dikembangkan ada layanan feeding; masuk ke dalam aspek kesejahteraan sosial. Ada healing, schooling,” ujarnya.

Baca Juga: Menyelamatkan Agama Anak

Di Indonesia sendiri peraturan mengenai pengangkatan anak telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Begitu juga Kompilasi Hukum Islam (KHI) yang turut memperhatikan aspek ini.

Pada pasal 171 poin H KHI disebutkan bahwa “anak angkat adalah anak yang dalam hal pemelihara untuk hidupnya sehari hari, biaya pendidikan dan sebagainya, beralih tanggung jawabnya dari orang tua asal kepada orang tua angkatnya berdasarkan putusan pengadilan”. Anak yang diadopsi berusia tidak lebih dari 18 tahun.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak disebutkan, tujuan pengasuhan anak adalah agar terpenuhinya pelayanan dasar dan kebutuhan setiap anak akan kasih sayang, kelekatan, keselamatan, kesejahteraan, dan hak hak sipil anak; dan diperolehnya kepastian pengasuhan yang layak bagi setiap anak. (miqdad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *