Berita

Bupati, BPBD, dan Dinkes Bantu Tim Respons Bencana Muhammadiyah-‘Aisyiyah Sumba Timur

Tim Respons Bencana Muhammadiyah-'Aisyiyah
Tim Respons Bencana Muhammadiyah-'Aisyiyah

Tim Respons Bencana Muhammadiyah-‘Aisyiyah

Sumba Timur, Suara ‘Aisyiyah – Tim Respon Bencana Muhammadiyah-‘Aisyiyah Sumba Timur yang terdiri dari perwakilan anggota Pimpinan Daerah Muhammadiyah, MDMC, ‘Aisyiyah, dan EMT (Emergency Medical Team) Muhammadiyah melakukan silaturahim kepada Bupati Sumba Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumba Timur, dan Dinas Kesehatan Sumba Timur. Silaturahim yang dilaksanakan pada Sabtu 17 April 2021 ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan diri serta menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh Muhammadiyah, ‘Aisyiyah, dan EMT. Pada kesempatan ini, disampaikan bahwa Muhammadiyah akan melaksanakan kegiatan pembagian bantuan sembako, serta pelayanan kesehatan.

Bupati Sumba Timur Kristofel A. Praing menerima kunjungan silaturahim tim Muhammadiyah. “Saya menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Pimpinan Pusat Muhammadiyah, baik dari ‘Aisyiyah maupun tim kesehatannya, yang telah peduli terhadap warga masyarakat Sumba Timur yang terdampak bencana,” ungkapnya.

Ia memberi arahan agar kegiatan kemanusiaan ini adalah kegiatan bersama untuk meringankan duka dan derita para warga terdampak bencana, sehingga tidak menimbulkan permasalahan terkait SARA. “Saya berharap kegiatan ini dapat kita sinergikan dengan dinas terkait, yakni BPBD dan Dinkes,” imbuhnya.

Tim Muhammadiyah juga meminta arahan kepada Bupati terkait lokasi pelayanan yang tepat. Ia menjelaskan, “untuk lokasi pelayanan barangkali yang lebih tepat lokasinya adalah di bagian selatan Sumba Timur, di mana daerah tersebut yang sangat terdampak bencana”.

Baca Juga

Melalui ‘Aisyiyah, Sido Muncul Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Bencana di NTT

Tim melanjutkan silaturahim kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Timur. Kepala BPBD memberi keleluasaan dan mempersilakan Muhammadiyah membantu memberikan bantuan maupun layanan kesehatan kepada warga terdampak. Terkait lokasi kegiatan, kepala BPBD mempersilakan agar sejalan dengan arahan Bupati.

Setelah silaturahim ke BPBD, tim melanjutkan silaturahim kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumba Timur. Kepala Dinkes mengingatkan bahwa kondisi pandemi covid-19 saat ini di daerah Sumba Timur mengalami peningkatan. “Saya berharap tim kesehatan Muhammadiyah selain memberikan pelayanan kesehatan, kami mohon juga untuk memberikan edukasi terkait protokol kesehatan untuk mencegah dan menanggulangi ancaman pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Kontributor: Helda, Dzikrina Farah Adiba (ed)

Related posts
Haji

Jalin Silaturahmi, PCIM Arab Saudi Gelar Temu Jemaah Haji Muhammadiyah

Jemaah haji diminta untuk menjaga diri baik jelang Armuzna maupun saat berlangsung puncak haji. Hal tersebut disampaikan oleh Anwar Abbas, Ketua PP…
Wawasan

Mengantisipasi Infiltrasi Salafi

Oleh: M. Husnaini* Pimpinan dan aktivis Muhammadiyah di banyak tempat kerap mengeluhkan fenomena masuknya Salafi ke lingkungan Muhammadiyah. Salafi memang diakui memiliki…
Berita

107 Tahun Aisyiyah, Perkuat Komitmen Menjawab Berbagai Problem Kemanusiaan Semesta

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Mengusung tema “Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta” ‘Aisyiyah  akan memperingati miladnya yang ke-107 tahun pada 19 Mei…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *