Cara Menjaga Fungsi Ginjal

Gaya Hidup Info Sehat 2 Agu 2021 0 221x
Ginjal

Ginjal

Ginjal merupakan organ yang memiliki ukuran sebesar kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulung rusuk, tepatnya di kedua sisi tulang belakang. Ginjal memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh, yakni untuk memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh. Kedua ginjal berfungsi untuk menyaring kelebihan air, produk limbah, dan kotoran lain yang berasal dari darah yang kemudian disimpan di kandung kemih lalu dikeluarkan melalui urin.

Melalui ginjal, seluruh jaringan tubuh dipastikan menerima air agar dapat bekerja dengan baik. Karena ginjal memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh, maka menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, ginjal juga berfungsi mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh.

Baca Juga: Koping Relijius: Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Ginjal juga menghasilkan hormon yang dapat mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Dengan menjaga kesehatan ginjal, tubuh akan membuang dan menyaring limbah dengan baik serta menghasilkan hormon guna membantu tubuh agar berfungsi dengan baik.

Menjaga Fungsi Ginjal

Apabila terdapat perubahan kadar air dalam tubuh, ginjal akan bereaksi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal berfungsi untuk menahan air, bukan malah membuangnya. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga fungsi ginjal dengan baik. Mengutip halodoc.com, ada beberapa cara menjaga fungsi ginjal, yaitu:

Pertama, jaga tekanan darah. Gangguan atau penyakit ginjal bisa dipicu tekanan darah yang tinggi. Di saat kekuatan aliran darah tinggi dan pembuluh darah meregang, darah mengalir lebih mudah. Tapi, peregangan ini bisa menimbulkan bekas luka dan melemahkan pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Rutin mengontrol tekanan darah bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga fungsi ginjal. Tekanan darah bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga fungsi ginjal. Agar tekanan darah tetap stabil, cobalah konsumsi makanan yang banyak mengandung kalium, contohnya kentang, alpukat, pisang, susu, dan ikan.

Kedua, cukupi kebutuhan cairan tubuh. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan cara lainnya untuk menjaga fungsi ginjal. Pada dasarnya, orang dewasa memerlukan sekitar dua liter perhari, atau setidaknya delapan gelas perhari, atau setara 250 mililiter setiap gelasnya. Jadi, bukan sembarang delapan gelas perhari saja seperti yang sering kita dengar.

Jika asupan cairan dalam tubuh tercukupi, aliran darah ke ginjal akan menjadi baik. Pasalnya, jika terjadi penurunan aliran darah ke ginjal, lama-kelamaan akan terjadi masalah pada fungsi ginjal. Yang perlu diingat, dehidrasi juga merupakan kondisi yang dapat memperberat kerja ginjal.

Ketiga, mengatur pola makan. Untuk menjaga fungsi dan kesehatan ginjal, pola makan bergizi seimbang tak boleh dilupakan. Di samping itu, pilihlah makanan seperti buah dan sayuran yang ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia (organik). Selain itu, jauhi pula pola makanan olahan dan konsumsi garam berlebih.

Mengasup makanan asin memang menggoda bagi sebagian orang. Akan tetapi, makanan asin dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam darah. Pada akhirnya, makanan jenis ini bisa memperberat kerja ginjal dan mengganggu fungsinya.

Baca Juga: Manfaat Air Putih bagi Tubuh

Keempat, rutin berolahraga. Menjaga fungsi ginjal juga bisa melalui aktivitas fisik yang rutin. Olahraga mempunyai banyak keistimewaan bagi tubuh. Kegiatan ini akan membuat seseorang tetap sehat, bekerja secara optimal, dan terhindar dari risiko penyakit ginjal.

Kelima, hindari rokok dan alkohol. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol bisa menimbulkan masalah pada ginjal. Efek di uretik pada alkohol dapat meningkatkan jumlah urin yang diproduksi tubuh. Akibatnya, ginjal akan kesulitan untuk mengatur aliran urin dan cairan tubuh, termasuk distribusi ion natrium, kalium, dan klorida ke seluruh tubuh.

Keenam, jaga berat badan ideal. Menjadi terlalu berat atau kelebihan berat badan akan meningkatkan tekanan darah yang berdampak buruk bagi ginjal. Cobalah untuk menjaga berat badan tetap sehat dengan tetap aktif dan tidak makan berlebihan.

Indeks Massa Tubuh (BMI) adalah cara yang berguna untuk memeriksa apakah seseorang mempunyai berat badan yang sehat. Untuk mengecek BMI, seseorang dapat menggunakan kalkulator berat badan sehat. Lakukan setidaknya 150 menit latihan intensitas sedang, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang setiap minggu untuk mengembalikan berat badan ke angka ideal.

Jika ginjal melakukan tugas yang berat secara terus-menerus, fungsinya bisa mengalami penurunan. Alhasil dapat terjadi gangguan pada fungsi ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal yang akhirnya mengharuskan seseorang untuk menjalani cuci darah rutin seumur hidup. (Fathia*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

 

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/panduan-hidup-sehat-untuk-jaga-fungsi-ginjal

https://www.halodoc.com/artikel/cari-tahu-cara-menjaga-kesehatan-ginjal

https://hellosehat.com/urologi/ginjal/menjaga-kesehatan-ginjal/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *