Berita

Cegah Kristenisasi di Rusunawa, PDNA Kudus Dirikan Bimbel dan TPQ

Kudus, Suara ‘Aisyiyah Jumat (18/3), Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Kudus menggelar pengajian dalam rangka memantapkan iman dan akidah para penghuni Rusunawa, Kudus. Pengajian ini merupakan salah satu upaya mencegah kristenisasi misionaris dalam perusakan akidah anak-anak Rusunawa melalui Bimbingan Belajar (Bimbel). Berdasarkan informasi dari salah satu penghuni Rusunawa, ditemukan muatan ajaran kristenisasi ketika para misionaris mengajarkan Matematika, Bahasa Inggris, IPA, Bahasa Indonesia, dan mata pelajaran lainnya.

Untuk menyelamatkan akidah anak-anak Rusunawa, PDNA Kabupaten Kudus mendirikan Bimbingan Belajar (Bimbel) dan TPQ Al-Ikhlas. Bimbel dan TPQ yang berdiri pada 22 Desember 2016 ini beralamat di Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tempatnya berdekatan dengan Terminal Pariwisata Menara Kudus.

Bimbel dan TPQ Al-Ikhlas ini diikuti sekitar 70 anak dengan jenjang pendidikan yang beragam. Awal pelaksanaan hanya diikuti 15 anak. Namun seiring waktu berlalu, semakin bertambah anak-anak yang tertarik mengikuti, bahkan pernah mencapai sekitar 100 anak. Ketua Lazismu Kudus Nadhif turut mendukung kegiatan ini. “Program ini sangat bermanfaat. Utamanya untuk menghalau kegiatan kristenisasi di Rusunawa,” terangnya.

Melalui Bimbel dan TPQ, anak-anak di Rusunawa dibimbing untuk mempelajari mata pelajaran sekolah, mulai tingkat PAUD sampai SMA di Musala Al-Ikhlas Rusunawa. Selain itu, anak-anak juga diajarkan mengaji al-Quran di Aula Rusunawa. Tim pengajar Bimbel berasal dari mahasiswa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang berkualitas dan berprestasi dengan dibantu beberapa warga Rusunawa. Sedangkan tim pengajar mengaji al-Quran didatangkan dari siswa-siswa yang berprestasi sesuai bidangnya.

Bimbel disertai mengaji al-Quran ini dilaksanakan pukul 16.00-17.00 WIB selama 3 kali dalam se-pekan. Anak-anak yang ikut tidak dipungut biaya. Selama mengikuti kegiatan, anak-anak juga mendapatkan beberapa fasilitas, yaitu mendapatkan snack serta hadiah lomba ketangkasan dan lomba PAI setiap peringatan Hari Besar Islam.

Baca Juga: Muhammadiyah Menyemai Damai

Kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar. Aris Naini selaku Ketua PDNA Kudus menyambut gembira adanya kegiatan ini. “Kegiatan Bimbingan Belajar (Bimbel) dan TPQ dinilai sangat efektif karena tim pengajar akan memperhatikan pemahaman dan perkembangan anak-anak mengenai materi yang dipelajari. Banyak hal positif yang terbentuk dari kegiatan ini, salah satunya mampu mendidik anak-anak menjadi pribadi yang berakhlakul karimah dan memahami ilmu agama, yang mana kebanyakan dari mereka merupakan anak-anak yang awam mengenai ilmu agama,” tandasnya.

Dengan mengikuti kegiatan Bimbel dan TPQ, kata Aris, para orang tua berharap anaknya bisa lebih berprestasi dalam pendidikan dan agama. Orang tua menganggap Bimbel dan TPQ dapat membantu anaknya untuk lebih memahami materi pelajaran yang cukup sulit, menyelesaikan berbagai masalah dalam belajar, serta lancar dalam membaca al-Quran.

Melihat antusias warga Rusunawa, PDNA Kabupaten Kudus membuat terobosan baru dengan mengadakan pengajian setiap sebulan sekali untuk ibu-ibu orang tua dari anak-anak yang mengikuti Bimbel dan TPQ Al-Ikhlas. Pengajian tidak hanya sebatas mendengarkan ceramah, melainkan juga kegiatan buka puasa bersama, mengajarkan keterampilan memasak, memanfaatkan sampah dan barang bekas, ilmu kesehatan, dan lain-lain.

Alhamdulillah kegiatan pengajian berbuah manis. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya warga Rusunawa, terkhusus ibu-ibu yang mengikuti kegiatan pengajian. Melalui kegiatan pengajian ini, ibu-ibu yang semula memakai rok pendek dan tidak berhijab secara perlahan mulai mengenakan pakaian yang menutup aurat. Bahkan sebagian ibu-ibu juga ikut aktif di Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Bakalan Krapyak,” ungkap Aris Naini.

Ia berharap, ke depan PDNA Kabupaten Kudus dapat mengembangkan pengajian untuk bapak-bapak warga Rusunawa. Selain itu juga dapat mempererat tali silaturahmi dan pembekalan ilmu agama, demi terwujudnya generasi muslim yang taat kepada Allah swt. (MPK PDA Kudus/sb)

Related posts
Berita

Peringati Milad Ke-24, UMKU Gelar Pengajian

Kudus, Suara ‘Aisyiyah, Senin (26/9), Pengajian Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) dalam rangka Milad UMKU ke-24 dan Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah ke-48 dibuka oleh Rusnoto…
Berita

PCA Sewon Utara Gelar Pengajian Dwi Ranting Putaran Ke-4

Bantul, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Sewon Utara menggelar Pengajian Dwi Ranting Putaran ke-4 dengan tuan rumah Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah…
Berita

Kunsiroh Majelis Tabligh PWA DIY Teguhkan Spirit Pengajian Aisyiyah Pasca Pandemi

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Saat pandemi Covid-19, pengajian ‘Aisyiyah terutama di akar rumput terpaksa diliburkan. Sebagian dialihkan secara daring, tetapi hanya bisa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.