Berita

Corona: MCCC adalah Wujud Nyata Peran Muhammadiyah Menangani Covid-19

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Selasa (5/10), akun YouTube @TvMu Jogja channel mengadakan siaran yang mengundang Ketua MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center) Corona Rintawan sebagai narasumber. Dalam kesempatan tersebut, Corona mengatakan bahwa sejak kali pertama ditemukan kasus Covid-19, tepatnya pada 6 Maret 2020, Muhammadiyah langsung membentuk tim satuan tugas (satgas).

Kehadiran MCCC, papar Corona, adalah bagian dari langkah Muhammadiyah untuk membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. “Dalam konteks pandemi seperti ini, kita tidak bisa hanya berharap pada pemerintah, menunggu apa yang dilakukan pemerintah. Kita harus segera bergerak. Dan kita memutuskan untuk bergerak bersama membantu pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga: Update Penanganan Pandemi Covid-19 Muhammadiyah

Corona memaparkan, MCCC mempunyai program pencegahan, edukasi, penanganan, dan sebagainya. Setiap program tersebut berorientasi pada terwujudnya masyarakatnya yang aman dan sehat. Dalam hal ini, ia menegaskan, MCCC selalu berkomunikasi dengan satgas pemerintah agar tidak terjadi miskomunikasi dan miskoordinasi.

Lebih lanjut, Corona menjelaskan bahwa alur koordinasi MCCC dapat dikatakan cukup baik. Pasalnya, MCCC bisa menjangkau hampir semua wilayah di Indonesia. Kehadiran MCCC di berbagai wilayah tetap terintegrasi dengan MCCC pusat.

Menurut Corona, MCCC adalah bentuk nyata dari peranan Muhammadiyah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Meski begitu, ia memberi catatan bahwa peran Muhammadiyah dalam konteks ini bukan hanya terlembaga dalam bentuk MCCC, tetapi berbagai hal lainnya. (dimas)

Related posts
Berita

Cerahkan Peradaban Bangsa, RSIJ Cempaka Putih dan Muhammadiyah-Aisyiyah Gelar Semiloknas

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Muhammadiyah-‘Aisyiyah melalui Majelis Kesehatan PP ‘Aisyiyah, MPKU PP Muhammadiyah, dan RSIJ Cempaka Putih mengadakan kegiatan Seminar dan Lokakarya…
Berita

Muhammadiyah Komitmen Dukung Kemerdekaan Palestina

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Jumat (15/7), PP Muhammadiyah menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Palestina, Zuhair Al-Shun, di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta. Haedar…
Sejarah

Soekarno dan Bintang Muhammadiyah yang Melekat di Dadanya

Pada 1965, Soekarno mendapat anugerah Bintang Muhammadiyah. Bintang yang dibuat dari bahan emas murni itu diberikan dalam rangka menghargai jasa Bung Karno…

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.