Berita

Demi Beri Layanan Terbaik, RS ‘Aisyiyah Siti Fatimah Kembangkan Aplikasi SiFat Mobile

Sidoarjo, Suara ‘Aisyiyah- Rumah Sakit ‘Aisyiyah (RSA) Siti Fatimah Sidoarjo kembangkan aplikasi yang mempermudah proses mengantri bagi pasien. Aplikasi yang diberi nama SiFat Mobile ini merupakan bukti komitmen RSA Siti Fatimah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN-KIS yang berkunjung. Aplikasi Sifat Mobile berfungsi sebagai fasilitas antrian online bagi pasien RSA Siti Fatimah yang akan berobat.

IT RSA Siti Fatimah Sidoarjo, Okyanto Agung Kurniawan menjelaskan bahwa pendaftaran online melalui SiFat Mobile ini dapat dilakukan oleh pasien pada H-2 sampai H-1 dari hari hari kunjungan. Pasien yang telah mendapatkan nomor antrian bisa langsung menuju ke poli yang dituju, terkecuali bagi pasien peserta JKN-KIS.

“Khusus pasien peserta JKN-KIS sebelum ke Poli pasien akan diarahkan ke bagian administrasi untuk keperluan pencetakan Surat Eligibilitasi Peserta (SEP). Setelah cetak SEP, bisa langsung ke poli,” terang Oky melalui laman bidiknasional.com.

Oky juga menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi SiFat Mobile ini prosentasenya cukup tinggi. Dari rata-rata jumlah pasien berkunjung, 60% diantaranya telah menggunakan antrian online. Adapun latar belakang dikembangkannya aplikasi ini adalah banyaknya antrian pasien yang akan berkunjung ke poli di hari yang sama. “Antrian pasien mulai jam tiga pagi sudah banyak. Akhirnya rumah sakit mengembangkan SiFat Mobile ini,” tambahnya.

Sistem antrian online yang dikembangkan RSA Siti Fatimah Sidoarjo ini dapat diunduh peserta di Playstore. Pasien hanya perlu login dengan memasukkan NIK dan nomer rekam medisnya. Aplikasi akan menampilkan pilihan pengambilan nomor antrian, jumlah kunjungan pasien tersebut, berapa kali pasien tersebut di rawat baik rawat jalan maupun rawat inap dan statistik grafik kunjungan semua poli.

Selain itu, aplikasi SiFat Mobile juga menampilkan jadwal prakter dokter selama satu minggu, layanan chatting pengaduan dengan case manager dan info ketersediaan kamar rawat inap yang telah terintegrasi dengan Mobile JKN.

Pengakuan Arif, salah satu pasien yang berkunjung ke RSA Siti Fatimah Sidoarjo dan memanfaatkan layanan antrian menjelaskan bahwa dengan adanya SiFat Mobile ini, ia tidak perlu lagi pagi-pagi harus ke rumah sakit untuk mendapat nomor antrian.

“Kemarin saya ambil nomor antrian, sekarang tinggal lapor ke admin, terus ke poli. Jadi ya sangat terbantu untuk pekerja seperti saya. Harapan saya semoga bisa nyambung dengan Aplikasi Mobile JKN, biar bisa jadi satu dan tidak banyak-banyak aplikasi,” jelas Arif.

Sumber : http://bidiknasional.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *