Berita

Demi Pemilu yang Bermakna, LPPA PP Aisyiyah: Harus Ada Keterwakilan Perempuan sebagai Penyelenggara Pemilu

LPPA_Perempuan Penyelenggara Pemilu

Yogyakarta, Suara ‘AisyiyahKamis (19/1), Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) PP ‘Aisyiyah menggelar ‘Aisyiyah Update dengan tema “Mengawal Keterwakilan Perempuan Penyelenggara Pemilu yang Bermakna”. Berlangsung secara daring, kegiatan ini menghadirkan Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos, Ketua PP ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini, dan LHKP PP Muhammadiyah Endang Sulastri.

Mengawali diskusi, Ketua LPPA PP ‘Aisyiyah Siti Syamsiyatun menyampaikan bahwa acara ini punya nilai penting bagi kelangsungan kehidupan demokrasi Indonesia. Menurut dia, melalui kegiatan ini diharapkan akan terjadi sinergi antara masyarakat sipil –dalam hal ini diwakili oleh ‘Aisyiyah—dengan pihak KPU.

“Kami ingin KPU ini dapat menjadi penjaga gawang dari proses pemilu yang baik, yang berkeadaban, yang berkemajuan, sehingga ia menjadi pemilu yang bermakna, yang substantif, yang berkemajuan, yang berkeadilan, utamanya terhadap perempuan dan masyarakat yang terpinggirkan,” ujar Syamsiyatun.

Baca Juga: Politik Representasi Perempuan Menuju Pemilu 2024

Ia menekankan bahwa keterwakilan perempuan sebagai penyelenggara pemilu merupakan hal yang penting dan harus terus diupayakan. Sebab jika tidak, akan terjadi bias gender ketika melakukan pengambilan keputusan dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Syamsiyatun menegaskan bahwa komitmen ‘Aisyiyah terhadap kehidupan kebangsaan tidak dapat diragukan atau dipertanyakan. Komitmen itu sudah diwujudkan sejak sebelum masa kemerdekaan hingga hari ini dan nanti. Sebagai penutup, ia berharap kegiatan ini mendapat ridha Allah swt. dan bisa bermanfaat bagi bangsa Indonesia. (sb)

Related posts
Politik dan Hukum

Momen Idulfitri: Merajut Kembali Ukhuwah Pasca Pemilu

Oleh: Andre Rosadi* Proses pencoblosan suara dalam pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (Pileg) sudah usai pada 14 Februari lalu. Sebagai…
Berita

Seruan PWPM Jateng Pasca Pemilu 2024: Harapkan Situasi Damai dan Sejuk

Semarang, Suara ‘Aisyiyah – Proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hingga saat ini masih berlangsung. Berbagai dinamika mewarnai pesta demokrasi yang digelar lima…
Berita

LPPA dan MHH PWA Papua Gelar Literasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Jayapura, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) dan Majelis Hukum dan HAM (MHH) Pimpinan Wilayah (PWA) Papua menggelar kegiatan…

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *