Di Tengah Pandemi, Dosen Prodi Manajemen UMY Asah Jiwa Kewirausahaan Remaja Masjid

Berita 27 Aug 2020 0 77x

Gamping, Suara ‘Aisyiyah- Bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha, menggali ide-ide kreatif, meningkatkan motivasi remaja masjid untuk memulai usaha, Lela Hindasah, Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, laksanakan program pengabdian berupa pelatihan ‘Kewirausahaan dan Perencanaan Bisnis untuk Remaja Masjid’ (24/8).

Pelatihan yang menyasar remaja Masjid Muhajirin, Perengdawe, Gamping ini, dilaksanakan selama 6 bulan, mulai dari Mei sampai  Agustus 2020. Program ini juga diakui, dapat menjadi alternatif remaja setempat dalam mengisi kegiatan positif di masa pandemi.

Kegiatan kewirausahaan ini, tidak hanya berkenaan dengan teori,  namun juga disertai praktek. Dalam materinya, Lela menjelaskan aspek-aspek dalam perencanaan bisnis dan pembuatan Business Model Canvas. “Merencanakan bisnis tidak harus rumit, dengan selembar kertas, bisa mendeskripsikan model bisnis yang akan dijalankan, yaitu menggunakan business model canvas,” ujarnya.

Andromeda Sindoro, entrepreneur muda yang didapuk sebagai pembicara dalam pelatihan tersebut mengungkap bahwa peluang anak muda menjadi wirausaha terbuka luas. Apalagi anak-anak milineal sudah akrab dengan gadget. “Asal memiliki kemauan” paparnya. Perlu dikatahui pula, tambah Andromeda bahwa permasalahan start up yang sering terjadi diantaranya aspek permodalan, penentuan harga dan manajemen usaha. (Gustin Juna) 

Leave a Reply