Berita

Dinkes Rembang Gelar Sosialisasi Germas Makces untuk PDA dan PDNA Kabupaten Rembang

Germas Kabupaten Rembang

Germas Kabupaten RembangRembang, Suara ‘Aisyiyah – Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang menyelenggarakan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk ‘Aisyiyah dan Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA) Kabupaten Rembang. Kegiatan ini diselenggarakan di Rumah Makan Prau Kuno selama 2 hari, yaitu tanggal 13 Oktober 2021 untuk ‘Aisyiyah dan 14 Oktober 2021 untuk NA. Masing-masing kegiatan melibatkan 30 peserta yang berasal dari pengurus dan anggota Pimpinan Daerah dan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah  serta NA se-Kabupaten Rembang.

GERMAS yang telah dicanangkan pada tahun 2016 merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

GERMAS ini dilatarbelakangi oleh adanya transisi demografi dan epidemiologi penyakit, sehingga masalah penyakit menular akan cenderung menyebar dengan cepat sebagaimana munculnya pendemi Covid-19 selama hampir 2 tahun ini. Di sisi lain, penyakit degeneratif yang lebih dikenal dengan istilah Penyakit Tidak Menular (PTM) yang disebabkan faktor perilaku juga berkembang dengan pesat. Hal ini mengakibatkan perubahan  gaya hidup yang berkaitan dengan perilaku dan sosial budaya cenderung akan semakin kompleks. Dalam kasus pandemi Covid-19, faktor perilaku juga berperan penting dalam penyebaran maupun pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Dakwah Kesehatan dalam Kongres Bayi Aisyiyah

Sosialisasi ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan pemahaman, motivasi, dan peran aktif ‘Aisyiyah dalam melaksanakan upaya mengimplementasikan GERMAS MAKCES dan protokol kesehatan di keluarga ‘Aisyiyah dan NA serta jaringannya. Tujuan lainnya yaitu untuk meningkatkan pemahaman ‘Aisyiyah tentang Kebijakaan Perbup GERMAS, meningkatkan motivasi ‘Aisyiyah dan NA dalam mendorong masyarakat dalam mengimplementasikan GERMAS MAKCES dan protokol kesehatan, meningkatkan peran aktif ‘Aisyiyah dan NA dalam melakukan edukasi dan monev pelaksanaan GERMAS, serta terjalin kerja sama dalam mengupayakan penerapan GERMAS baik di lingkungan ‘Aisyiyah, NA, maupun masyarakat.

Kegiatan tersebut mendatangkan 3 (tiga) narasumber. Narasumber pertama yaitu Darmono sebagai Plt. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang yang menyampaikan materi tentang Kebijakaan Pembangunan Kesehatan tentang GERMAS. Darmono memaparkan bahwa Kabupaten Rembang memiliki slogan GERMAS MAKCES. Slogan tersebut merupakan kependekan dari: (M)emberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, (A)ktivitas fisik 30 menit setiap hari, (K)onsumsi buah dan sayur setiap hari, (C)ek kesehatan secara rutin setiap bulan, (E)nyahkan Narkoba (Rokok, narkotika, alkohol, dll), dan (S)top BAB dan buang sampah sembarangan.

Narasumber kedua yaitu Sarwoko Mugiono sebagai Kepala Seksi PKPK Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang yang menyampaikan tentang GERMAS di Masa Pandemi Covid-19. Sesi ketiga diisi dengan Gambaran dan Evaluasi Pelaksanaan GERMAS di ‘Aisyiyah/NA Kabupaten Rembang yang dipandu oleh Iskodariah, SKM. Pada sesi terakhir juga dilakukan penyusunan Rencana Tindak Lanjut dari kegiatan sosialisasi ini di lingkungan PDA, PCA, PDNA dan PCNA masing-masing.

Endiyati selaku ketua PDA Kabupaten Rembang mengungkapkan, “kami segenap pengurus ‘Aisyiyah  Kabupaten Rembang bersyukur atas terselenggaranya sosialisasi GERMAS yang diselenggarakan Dinkes Rembang. Di samping dapat bersilaturrahim dengan jajaran Dinkes dan menjalin kerja sama yang sudah sangat lama kami lakukan, kami juga dapat melakukan penyegaran dengan pengetahuan yang kami terima. Kami himbau segenap pengurus untuk mensosialisasikan di sela-sela kegiatan pengajian rutin kita setiap dua minggu sekali di setiap cabang. Bukan sekedar menindaklanjuti anjuran Dinkes, tetapi lebih ke kebutuhan hidup. Menyadari pentingnya hidup sehat ternyata juga sangat mudah dilakukan bagi masyarakat”.

“Dengan adanya sosialisasi GERMAS untuk masyarakat Rembang, khususnya anggota NA, dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman bagi ibu-ibu muda terutama dalam mencegah stunting dan menambah peningkatan gizi keluarga,” demikian ujar Hamida Sofia yang merupakan Ketua PDNA Kabupaten Rembang.

‘Aisyiyah sebagai salah satu organisasi perempuan tertua di Indonesia memiliki jaringan dan anggota yang luar biasa serta memiliki peran yang besar dalam ikut mencerdaskan bangsa. Untuk itu sosialisasi GERMAS pada ‘Aisyiyah dan NA ini diharapkan mampu diimplementasikan pada anggota, keluarga serta jaringan yang dimiliki ‘Aisyiyah dan NA termasuk pada anak didik di lingkungan sekolah ‘Aisyiyah dan NA.  Dengan demikian kader – kader ‘Aisyiyah dan NA pada khususnya serta masyarakat pada umumnya dapat hidup sehat baik rohani, fisik maupun lingkungan sosialnya. (Muslikhah Fajriyati)

Related posts
Berita

Aisyiyah Terima Penghargaan BKKBN

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – ‘Aisyiyah menerima penghargaan dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas dukungan, komitmen, dan partisipasi dalam layanan intervensi…
Berita

Pidato Pertama Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum PP Aisyiyah 2022-2027

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dimulai dengan sapaan yang hangat dan bersahaja, Salmah Orbayinah mengucapkan di hadapan peserta muktamar, “Terima kasih yang sebesar-besarnya…
Berita

Resmi! Salmah Orbayinah Terpilih menjadi Ketua Umum PP Aisyiyah Periode 2022-2027

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Periode 2022-2027. Selain itu, telah…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *