Dosen Fikes Unisa dan Kader TB ‘Aisyiyah Lakukan Investigasi Kontak di Daerah Ngampilan

Berita 24 Nov 2021 0 44x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Program  Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Fikes Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta melalui Program Hibah RisetMu Batch V yang diselenggarakan di daerah Ngampilan, Notoprajan, Yogyakarta dilanjutkan dengan kegiatan melakukan Investigasi Kontak (IK). Rangkaian kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya seperti Rapat Koordinasi dan diskusi bersama dengan kader TB Aisyiyah, dan Puskesmas Ngampilan, pembuatan video edukasi sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait dengan permasalahan terkait dengan penyakit tuberculosis.

Kegiatan pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Edy Suprayitno ini dilanjutkan dengan melakukan kegiatan Investigasi Kontak oleh tim Hibah Risetmu Unisa Yogyakarta bersama dengan kader TB ‘Aisyiyah, dan Petugas Zero TB.

“Pelaksanaan IK ini salah satu dari upaya menekan penyebaran kasus TB dengan melakukan investigasi kepada orang yang telah melakukan kontak dengan penderita TB sehingga bisa dilakukan langkah pencegahan awal apabila terindikasi TB laten, atau pengobatan dini apabila terinfeksi tertular TB dari penderita,” jelas Edy. Pelaksanaan Investigasi Kontak ini tetap dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca Juga: LPPM Unisa Yogyakarta Gelar Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Menuju Society 5.0

Kegiatan Investigasi Kontak selain dengan melakukan investigasi terhadap orang terdekat, juga dilakukan pemeriksaan darah oleh petugas Zero TB untuk mengetahui apakah orang terdekat dengan penderita terinfeksi bakteri TB. Selanjutnya melalui kegiatan investigasi kontak tersebut, akan diberikan rujukan untuk melakukan pemeriksaan foto ronsen paru-paru bagi keluarga yang tinggal serumah dengan penderita.

Masyarakat mengapresiasi kegiatan Investigasi Kontak ini sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit tuberculosis, terlebih pada masa pandemi Covid-19. (sinta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *