Dosen Keperawatan Unisa Yogyakarta Selenggarakan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Berita 23 Nov 2021 0 67x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah Program Studi Keperawatan-Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan pengabdian masyarakat di wilayah Kapanewon Gamping Sleman Yogyakarta. Pengabdian Masyarakat ini merupakan implementasi dari Hibah Riset Muhammadiyah Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Kegiatan ini dalam bentuk Pelatihan Pedagang Rehat (Resik dan Sehat) yang dilangsungkan di aula Puskesmas Gamping II pada hari Jumat (19/11).

“Pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada pedagang makanan mengenai keamanan pangan dan perilaku hidup bersih dan sehat. Dengan menerapkan dua hal tersebut sebenarnya para pedagang turut berperan menjaga kesehatan masyarakat Indonesia,” jelas Agustina Rahmawati selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat.

Agustina menambahkan, selain menambah wawasan peserta mengenai keamanan pangan dan PHBS, peserta diharapkan menjadi Duta Pedagang Resik dan Sehat yang akan mengedukasi pedagang lain mengenai keamanan pangan dan PHBS. Dengan adanya Duta Pedagang diharapkan akan semakin banyak pedagang yang menjual makanan sehat dan aman serta menerapkan PHBS.

Baca Juga: Riza Azyumarridha Azra Si Anak Singkong

Bentuk dari pengabdian yang dilakukan adalah Pelatihan Pedagang Makanan Rehat (Resik dan Sehat) yang diikuti sejumlah 18 peserta yang merupakan perwakilan pedagang makanan dari seluruh kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Gamping II. Peserta mendapatkan modul Pedagang Rehat sebagai panduan baginya, dan leaflet sebagai sarana untuk mengedukasi pedagang lain.

Pemateri dalam kegiatan ini melibatkan dari Unisa Yogyakarta dan Puskemas Gamping II yang disampaikan langsung oleh kepala Puskesmas. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Agustina Rahmawati dengan tim Widaryati, Kustiningsih, dan Tiwi Sudyasih, beserta 4 mahasiswa Prodi Keperawatan. Sebagai tindak lanjut akan diadakan pemeriksaan kandungan makanan dan pembinaan lanjutan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Peserta mengapresiasi dengan baik program pengabdian yang dijalankan ini, bahwa kegiatan ini bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan pedagang tentang keamanan pangan dan juga PHBS dan harapannya bisa menerapkan pada saat berjualan makanan. (sinta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *