Berita

Dosen UM Gresik Berikan Pendampingan Aplikasi E-Commerce

Gresik, Suara ‘Aisyiyah Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain mahasiswa, kegiatan ini juga harus dilaksanakan oleh dosen.

Seperti yang dilakukan Anita Handayani MSM, salah satu dosen Universitas Muhammadiyah Gresik di Desa Trojalu, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan pengabdian lanjutan dari tahun 2021 yang dilaksanakan di lokasi yang sama.

Pada tahun ke-2 ini, kegiatan ditekankan pada pemberdayaan ibu rumah tangga berupa pendampingan aplikasi e-commerce. Tujuannya untuk membantu mempermudah para ibu rumah tangga di desa tersebut dalam melakukan kegiatan jual beli produk tanpa harus meninggalkan tugas utama sebagai ibu rumah tangga.

Anita mengatakan, “salah satu kegiatan yang dilakukan melalui akun e-commerce ini adalah melakukan penjualan secara live streaming untuk bisa langsung berinteraksi dengan para calon pembeli”.

Baca Juga: Majelis Diktilitbang Muhammadiyah Buka Program Beasiswa Palestina Batch II

Selain itu, para ibu juga dilatih untuk mendeskripsikan produknya kepada calon pembeli secara lansung. Kegiatan berikutnya berupa memberikan pendampingan terkait dengan literasi tentang laporan keuangan sederhana dan pendampingan tentang penyusunan laporan keuangan sederhana. Harapannya, para ibu rumah tangga ini bisa memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan untuk bisnis.

Dia beralasan, karena soal keuangan inilah yang menjadi problematika bagi usaha kecil. “Yaitu kelemahan terkait pengelolaan keuangan di mana antara keuangan rumah tangga dan keuangan usaha dicampur menjadi satu,” ucap Anita.

Ia berharap, dengan adanya literasi dan pendampingan penyusunan laporan keuangan ini, para ibu bisa terbantu, terutama terkait dengan pentingnya memisahkan keuangan keluarga (pribadi) dengan keuangan yang digunakan untuk kegiatan usaha.

Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya financial distress/kesulitan keuangan yang bisa berdampak tidak hanya untuk perekonomian keluarga dan keuangan dari usaha yang sedang dijalankan.

Iswatin, ibu rumah yang menjadi sasaran program pengabdian mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan pemberdayaan ibu rumah tangga ini, para ibu rumah tangga mendapatkan literasi terkait dengan penyusunan laporan keuangan sederhana. “Kami mampu menggunakan e-commerce untuk bisa berjualan online dengan menggunakan akun. Dan kami juga  bisa jualan melalui live streaming,” ujarnya senang. (Estu Rahayu/sb)

Related posts
Berita

Teknik Industri UM Gresik Gelar Kuliah Ahli

Gresik, Suara ‘Aisyiyah – Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menggelar kegiatan Kuliah Ahli Teknik Industri dengan tema…
Berita

Program Intan Marsekal Dosen Unisa Yogyakarta, Aksi Nyata Peningkatan Produktivitas Pokdakan Mina Sida Karya

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Tim Pengabdian Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan pengabdian masyarakat di Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Sida Karya Desa…
Berita

Bappeda Kabupaten Gresik bersama UMG Gelar Diskusi Publik tentang Pelaksanaan UHC

Gresik, Suara ‘Aisyiyah – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gresik bersama Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menggelar diskusi publik…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *