Dua Faktor Utama yang Mempengaruhi Proses Tumbuh Kembang Anak

Berita 27 Sep 2021 0 68x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah  Jumat (24/9), akun Instagram @teman_parenting mengadakan siaran langsung membahas tema “Kupas Tuntas Faktor Penting Tumbuh Kembang Anak” dengan menghadirkan Herbowo Agung F Soetomenggolo (Dokter Spesialis Anak di RS Hermina dan RSIA Bunda Jakarta) sebagai narasumber.

Dalam kesempatan tersebut, Herbowo menjelaskan bahwa ada dua faktor utama yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor internal yang dimaksud ialah secara genetik, ras, dan jenis kelamin. Faktor ini sudah ditakdirkan oleh Tuhan, tetapi hanya akan berpengaruh 30-40% dalam proses tumbuh kembang anak. Sementara sisanya, yakni antara 60-70%, adalah faktor eksternal yang dimiliki anak, seperti gizi, stimulasi, penyakit, dan lingkungan.

Baca Juga: Peran Anak dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah

“Kalau seorang anak dilahirkan memang pintar, bapaknya jenius dan ibuknya jenius anaknya juga harusnya pinter banget. Tapi tanpa stimulasi, gizi, penyakit, dan lingkungan –empat-empatnya ini nggak diatur dengan baik–, ternyata faktor internal yang 30% tadi nggak bisa jadi apa-apa juga. Pintar tapi sakit-sakitan terus, ya, jadi nggak pintar juga nantinya,” ujar Herbowo.

Faktor eksternal yang tidak terpenuhi dengan baik akan menyebabkan keterlambatan pada tumbuh kembang anak. Gangguan eksternal pada anak, menurut Herbowo, sangat mengganggu tumbuh kembang anak. Bahkan, lanjutnya, mau sepintar apapun anak jika ia tidak sehat dan tubuhnya tidak dipenuhi nutrisi, perkembangannya juga bisa tidak optimal.

Herbowo menyampaikan, cara menstimulasi perkembangan anak ialah dengan menstimulasi kebutuhan eksternalnya secara rutin dan konsisten. Setiap anak, katanya, memiliki perbedaan secara individual. Oleh karenanya, orang tua tidak boleh membanding-bandingkan anaknya dengan anak yang lain. (fathia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *