Berita

Duta Besar Inggris Kunjungi PP Muhammadiyah

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah Selasa (21/6), Duta Besar Inggris, Owen Jenkins mengunjungi kantor PP Muhammadiyah di Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta. Menurut penuturan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, kunjungan tersebut dilakukan untuk tiga hal.

Pertama, menjalin hubungan yang selama ini sudah bagus dan berjalan baik antara Muhammadiyah dengan kedutaan besar UK. Kedua, meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan dan kesehatan yang juga sudah berlangsung lama.

“Dan kita mencari langkah-langkah baru, termasuk Dubes Inggris akan menghubungkan dengan lembaga-lembaga keagamaan di Inggris sehingga terjalin kerja sama yang baik, bukan hanya dengan Pemerintah Inggris, tapi juga lembaga keagamaan dan  lembaga kemasyarakatan di Inggris,” ungkap Haedar.

Ketiga, PP Muhammadiyah menyampaikan tentang kondisi Muhammadiyah dan umat Islam Indonesia yang moderat, modern, pecinta damai, toleran, dan menjunjung tinggi pluralitas. Haedar mencontohkan aksi nyata yang dilakukan Muhammadiyah di Papua, NTT, maupun daerah Indonesia timur lainnya yang gerakannya non-diskriminasi, juga tida memandang budaya, agama, suku, ras, dll.

Baca Juga: Muhammadiyah Jalin Kerja Sama dengan Enuma dan The Head Foundation

Haedar lantas menyampaikan berterima kasih atas kunjungan yang dilakukan Dubes Inggris ini.  “Kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya. Mudah-mudahan bisa meningkat lagi kami kemudian mengundang yang mulia untuk berkunjung ke beberapa Universitas dan sekolah Muhammadiyah, termasuk Madrasah Mu’allimin Yogyakarta,” tutur Haedar.

Sementara itu, Owen mengatakan bahwa ini adalah kunjungannya yang pertama kepada Muhammadiyah. Ia berterima kasih atas jamuannya yang diberikan. Kata dia, Dubes Inggris dan Muhammadiyah memang memiliki kerja sama yang terjalin sudah cukup lama dan semakin meningkat.

“Kami amat sangat menyambut baik komitmen Muhammadiyah yang dalam menjaga pluralisme, mendukung kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan juga toleransi. Dan dalam bidang perubahan iklim, kami sangat menghormati dan mengapresiasi langkah-langkah yang diambil pihak Muhammadiyah dalam menjaga lingkungan,” tuturnya. (ppm/sb)

Related posts
Haji

Jalin Silaturahmi, PCIM Arab Saudi Gelar Temu Jemaah Haji Muhammadiyah

Jemaah haji diminta untuk menjaga diri baik jelang Armuzna maupun saat berlangsung puncak haji. Hal tersebut disampaikan oleh Anwar Abbas, Ketua PP…
Wawasan

Mengantisipasi Infiltrasi Salafi

Oleh: M. Husnaini* Pimpinan dan aktivis Muhammadiyah di banyak tempat kerap mengeluhkan fenomena masuknya Salafi ke lingkungan Muhammadiyah. Salafi memang diakui memiliki…
Berita

Abdul Mu’ti Ajak Warga Muhammadiyah Sikapi Pemilu 2024 dengan Arif dan Bijaksana

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – PP Muhammadiyah mengawali Pengajian Umum tahun 2024 dengan mengusung tema “Muhammadiyah dan Pemilu 2024”. Pengajian yang berlangsung secara…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *