Berita

Eco Bhinneka Muhammadiyah Selenggarakan Training Operator Website

Eco Bhinneka Muhammadiyah

Jakarta, Suara ‘AisyiyahEco Bhinneka menyelenggarakan Training Operator Website secara daring melalui Zoom guna mengoptimalkan ruang informasi pada website ecobhinnekamuhammadiyah.orgTraining yang diselenggarakan pada Senin (9/1) ini dihadiri oleh 10 orang perwakilan tim manajemen program Eco Bhinneka dari pusat dan regional. Acara training ini diharapkan bisa memfasilitasi kebutuhan perbaikan website, serta melatih kemampuan peserta sebagai operator website.

Dzikrina Farah Adiba selaku Pengelola Media dan Informasi Eco Bhinneka Muhammadiyah mengatakan bahwa berbagai dinamika program Eco Bhinneka di lapangan mempengaruhi kebutuhan konten informasi di website Eco Bhinneka. “Sehingga website Eco Bhinneka membutuhkan koreksi perbaikan agar seluruh informasi mengenai program Eco Bhinneka bisa lebih informatif,” ungkap dia.

Farah juga menjelaskan bahwa keaktifan ragam kegiatan Eco Bhinneka di tingkat regional Ternate, Pontianak, Banyuwangi, dan Surakarta juga membutuhkan kecepatan informasi yang bisa diakses di website Eco Bhinneka. Oleh karena itu, menurutnya, pengelolaan website Eco Bhinneka Muhammadiyah ke depan membutuhkan tim operator website yang juga bisa dikelola oleh tim manajemen Eco Bhinneka di masing-masing regional.

Yaufani Adam selaku narasumber training ini mengungkapkan bahwa website Eco Bhinneka ini basis kerangkanya adalah dari WordPress. “Jadi WordPress itu adalah salah satu tools atau software berbasis web, kemudian dengan tools ini kita bisa bikin website seperti yang kita inginkan, baik dari sisi tampilan, sisi fungsi, maupun dari sisi fiturnya,” tutur Adam.

Sebagai web developer Website Eco Bhinneka, ia pun menjelaskan bahwa alasan menggunakan WordPress, yaitu karena secara development mudah, secara penggunaan juga mudah, dan cepat kalau mau belajar.

Acara training dimulai dengan website tour. Di sesi ini, Adam menjelaskan bagian-bagian isi website atau yang Ia sebut sebagai anatomi website, mulai bagian home page, header berisi logo, menu-menu atau navigasi, tombol, bilingual, header, hingga kontak informasi di bagian footer. Dilanjut bagian content, seperti profil, berita, galeri, dokumen, dan agenda.

Baca Juga: Mendorong Ekofeminisme Lebih Maju dalam Gerakan Aisyiyah

Pada sesi selanjutnya, Adam menjelaskan cara mengunggah tulisan dan foto di website sebagai konten berita. Kemudian masing-masing peserta yang telah memiliki akun username dan password sebagai author, mempraktikkan cara mengunggah tulisan dan foto dari aktivitas mereka. Setelah itu, peserta diminta mempresentasikan hasil unggahannya, dan mendapat koreksi ataupun saran teknis cara memperbaikinya.

Sebelumnya, panitia juga menyiapkan form untuk memfasilitasi peserta mengumpulkan pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada narasumber, dan usulan peserta terkait dengan perbaikan website. Melalui daftar pertanyaan tersebut, narasumber dapat menyampaikan penjelasan sesuai dengan rasa keingintahuan peserta.

Setelah training usai, Farah menjelaskan, akan dilakukan tindak lanjut berupa penyusunan draft ketentuan pengunggahan tulisan dan foto di website, melakukan perbaikan website sesuai daftar usulan perbaikan yang disampaikan oleh peserta, dan mengadakan serial pelatihan peningkatan kemampuan website, antara lain: pelatihan SEO dan sopy writing. (Dzikrina Farah Adiba/sb)

Related posts
Berita

Gallery Walk di GCWRI, Kumpulan Potret Aksi Pemuda dan Perempuan Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan

Sleman, Suara ‘Aisyiyah – Gallery Walk yang menampilkan rangkaian kreasi foto tentang aksi bersama antar umat lintas iman dalam melestarikan lingkungan, turut…
Berita

Ternyata Ini yang Buat Orang Kenya Takjub dengan Eco Bhinneka di Banyuwangi

Banyuwangi, Suara ‘Aisyiyah – Monitoring and Gathering Eco Bhinneka Muhammadiyah regional Banyuwangi pertama kali diadakan Rabu (8/5). Sebagai pembuka acara, ditampilkan atraksi…
Berita

Orang Kenya Antusias Ikuti Besuk Sungai Eco Bhinneka Muhammadiyah–Nasyiatul Aisyiyah

Banyuwangi, Suara ‘Aisyiyah – Eco Bhinneka regional Banyuwangi kembali mengadakan “Besuk Sungai” di Kali Baru, Siliragung, Rabu (8/5). Kegiatan ini diikuti oleh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *