EMASLIM, Fungsi dan Tugas Kepala TK ABA yang Harus Melekat di Hati

Berita 4 Okt 2021 0 61x

Bantul, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Bantul mengadakan kegiatan Sapa Kepala Sekolah ABA se-Kabupaten Bantul pada Ahad (3/10). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan mendatangkan narasumber utama Sahari selaku Ketua PDM Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, Sahari mengatakan, kita harus senantiasa bersyukur karena bergabung di bawah payung persyarikatan. Persyarikatan Muhammadiyah, katanya, adalah bergabungnya beberapa orang beriman yang diteguhkan dengan syahadat, bersaksi bahwa Allah yang hak disembah dan Nabi Muhammad adalah Nabi dan utusan Allah. Allah memberikan petunjuk dan janji kepada kita, Allah akan melindungi orang-orang yang beriman dengan cara mengeluarkan orang yang beriman dari kegelapan ke cahaya yang terang.

Sahari juga menyampaikan bahwa kita berada dalam satu rumah, sehingga antara satu dengan yang lainnya adalah saudara. Kita berzikir, saling membantu, dan bergantung.

Baca Juga: Mengenal Siti Umniyah: Sosok Pendiri TK ABA

Selain itu, kata Sahari, kita berada dalam satu kendaraan, yang isinya pimpinan AUM, struktural, jamaah, dan simpatisan dengan arah dua terminal, di antaranya baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur dan gerbang jannatun naim.

Sahari berpesan kepada seluruh kepala sekolah ABA se-Kabupaten Bantul untuk senantiasa memenuhi panggilan dakwah yang merupakan suatu media atau sarana bagaimana Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah menggerakkan Islam. Lembaga TK ABA, menurutnya, berfungsi sebagai lembaga pendidikan dalam rangka dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dan tajdid.

Lebih dalam lagi, Sahari mengatakan, fungsi dan tugas utama kepala sekolah TK ABA yang harus melekat di hati adalah EMASLIM. Educator, kepala sekolah adalah pendidik; Manajer, kepala sekolah bertugas merencanakan, mengkoordinasi, melaksanakan, mengevaluasi program; Administrator, kepala sekolah mengelola sekolah untuk mencapai tujuan; Supervisor, kepala sekolah melihat cara mengajar yang baik, mengamati cara guru mengajar, serta mampu mengarahkan guru bagaimana cara mengajar yang baik; Leader, kepala sekolah harus mempunyai daya tarik dan pengaruh kepada yang dipimpin sehingga penting memberikan keteladanan; Inovator, kepala sekolah dapat menginspirasi dan memberi contoh hal-hal yang baru; Motivator, kepala sekolah harus bisa menjadi pendorong bagi guru dan karyawan. (Mai La)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *