Berita

Faiths for Climate Justice, LLHPB PWA Kalimantan Barat Semarakkan Hari Peduli Iklim Dunia

Faiths for climate justice

Faiths for climate justicePontianak, Suara ‘Aisyiyah – Ahad (17/10), Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan Kajian Lingkungan dengan tema “Faiths for Climate Justice-Iman untuk Keadilan Iklim” secara daring yang diikuti oleh 81 peserta dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Iklim Dunia yang digelar dan dilaksanakan oleh 43 negara dan 430 aksi yang digelar secara serempak pada tanggal 17-18 Oktober ini.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Nana Firman selaku Wakil Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah USA sekaligus founder eco feb-living. Dalam kesempatan tersebut, Nana menyampaikan bahwa Rasullullah merupakan pribadi yang paling “green”. Oleh karenanya, umat Islam harus mencontoh pribadinya. Ia menyampaikan, bumi yang didiami manusia adalah anugerah yang Allag berikan, sehingga harus dijaga dan dilestarikan dengan maksimal.

Baca Juga: Kampung Ramah Lingkungan: Atasi Perubahan Iklim Berbasis Kampung

Sementara itu, Hening Purwati Parlan selaku Ketua Divisi Lingkungan Hidup di Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah menyampaikan, “kepedulian kita terhadap lingkungan hidup sangatlah berdampak dengan generasi penerus kita nantinya, sehingga kegiatan ini sangat mengedukasi agar kita dapat mengajarkkan kepada generasi penerus kita agar tidak melakukan kesalaha yang telah kita lakukan dengan tangan kita”.

Kegiatan diakhiri dengan mengingatkan peserta bahwa ada 800 ayat di dalam al-Quran yang membahas tentang menjaga lingkungan dan dampaknya. Karena itu, jelas bahwa menjaga lingkungan adalah kewajiban kita yang diberikan oleh Allah agar manusia selalu menjaga dan memelihara lingkungan serta sumber daya alamnya.

Kegiatan ini diadakan bekerja sama dengan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), terutama Pimpinan Wilayah Nasyiatul ‘Aisyiyah Kalimantan Barat. (Ima)

Related posts
Hikmah

Fikih Tata Kelola Agraria: Solusi Perubahan Iklim

Oleh: Moh Soehadha* Kesejahteraan masyarakat selalu terkait dengan daya dukung lingkungan atau sumber daya alam sebagai sumber penghidupan. Jika kerusakan lingkungan terjadi…
Berita

Refleksi Akhir Tahun 2022, Salmah Orbayinah Soroti Berbagai Masalah Indonesia Kekinian

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Di penghujung tahun 2022, Masjid Gedhe Kauman DI Yogyakarta menggelar Refleksi Akhir Tahun dan Pasca Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah ke-48…
Berita

Entaskan Masalah Gizi Anak Indonesia, Aisyiyah dan Muslimat NU Jalin Kolaborasi

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka mengentaskan masalah gizi masyarakat Indonesia, PP ‘Aisyiyah melakukan kolaborasi dengan Muslimat Nahdhatul ‘Ulama (NU). Kolaborasi ini…

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *