Berita

Gallery Walk di GCWRI, Kumpulan Potret Aksi Pemuda dan Perempuan Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan

Sleman, Suara ‘Aisyiyah – Gallery Walk yang menampilkan rangkaian kreasi foto tentang aksi bersama antar umat lintas iman dalam melestarikan lingkungan, turut menyemarakkan kegiatan Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA).

Gallery Walk yang dilaksakan oleh Eco Bhinneka Muhammadiyah ini dapat dikunjungi pada 14-16 Mei 2024 di Lobby Convention Hall Masjid Walidah Dahlan UNISA.

Pengunjung dapat melihat foto-foto kegiatan Eco Bhinneka Muhammadiyah yang dilaksanakan di 4 wilayah di Indonesia, yaitu Pontianak (Kalimantan Barat), Ternate (Maluku Utara), Surakarta (Jawa Tengah), dan Banyuwangi (Jawa Timur).

Eco Bhinneka merupakan program yang diinisiasi oleh Muhammadiyah dalam rangkaian project Inisiatif Bersama untuk Aksi Keagamaan yang Strategis atau dikenal dengan nama JISRA (Joint Initiative for Strategic Religious Action), yang bertujuan merawat kerukunan dengan mengajak umat lintas agama bersama-sama melestarikan lingkungan.

Sejak 2021 hingga 2025 mendatang, Faith to Action Network (F2A) menjadi konsorsium yang mendampingi organisasi Muhammadiyah dalam mengimplementasikan program JISRA di Indonesia.

Program and Finance Coordinator Eco Bhinneka Muhammadiyah, Triningsih mengungkapkan bahwa tujuan diadakan Gallery Walk ini adalah untuk mengapresiasi upaya para changemaker perempuan dalam keterlibatannya membangun perdamaian dan kelestarian lingkungan, bagi diri mereka sendiri, keluarga, dan komunitas mereka.

Baca Juga: Frugal Living

“Di Indonesia, perempuan merupakan kelompok rentan terdampak krisis iklim dan kerusakan lingkungan. Sangat penting perempuan menyuarakan hak-haknya untuk kesetaraan akses dan peningkatan kualitas hidupnya agar semakin membaik,” imbuhnya.

Menurut Triningsih, Gallery Walk sebagai wadah berbagi pengalaman yang dilakukan oleh JISRA Muhammadiyah, yang mengkolaborasikan isu kebebasan beragama dan berkeyakinan dengan pendekatan lingkungan, di mana upaya pelestarian lingkungan bisa dijaga bersama oleh seluruh umat lintas iman.

“Di Gallery Walk, kita bisa berkesempatan untuk melakukan dialog dengan para pengunjung, khususnya peserta Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI), untuk saling memberi masukan dan strategi agar dampak JISRA – Eco Bhinneka Muhammadiyah makin luas, berkesinambungan, dan bermanfaat untuk semua,” ungkapnya

Selain menikmati kreasi foto, pengunjung Gallery Walk yang beruntung juga akan mendapatkan merchandise menarik dari Eco Bhinneka. Pengunjung cukup mengambil foto atau membuat video saat berkunjung ke Gallery Walk, kemudian mem-follow akun Instagram @ecobhinneka, lalu mengunggah foto atau videonya ke Instagram story-nya masing-masing, dan di-mention ke @ecobhinneka. (Dzikrina Farah Adiba/sa)

Related posts
Berita

Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan

Pekanbaru, Suara ‘Aisyiyah – “Urusan lingkungan itu bukan urusan salah satu agama. Urusan lingkungan adalah everybody bussiness, karena bumi kita satu, satu…
Berita

Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Greenfaith Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – GreenFaith Indonesia berkolaborasi dengan Eco Bhinneka Muhammadiyah melaksanakan kegiatan Tur Rumah Ibadah dengan berkunjung dan berdialog ke Rumah…
Berita

Eco Bhinneka Muhammadiyah Terpilih Ikuti Indonesia Influential Program 2024 di Belanda

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Kedutaan Belanda memberikan apresiasi kerja Muhammadiyah dalam upaya merawat kerukunan antar umat beragama melalui aksi lingkungan dengan mengundang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *