Gandeng Puskesmas Simomulyo, SD Muhammadiyah 29 Surabaya Gelar Imunisasi Campak

Berita 22 Sep 2021 0 79x

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Tidak hanya melaksanakan vaksinasi Covid-19, beberapa sekolah di Surabaya, Jawa Timur, juga tetap gencar melaksanakan imunisasi (vaksinasi) lanjutan untuk siswa sekolah. Salah satunya SD Muhammadiyah 29 Five Days School Surabaya yang melaksanakan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan bekerja sama dengan Puskesmas Simomulyo Surabaya pada Selasa pagi (21/09/2021).

Penanggungjawab UKS SD Muhammadiyah 29 Surabaya, Uswatun Hasanah mengungkapkan, BIAS adalah program yang diadakan dua kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Kegiatan BIAS bulan ini adalah Imunisasi MR untuk campak.

Sebanyak 29 dari 37 siswa kelas 1, usia enam hingga tujuh tahun, mendapatkan suntikan vaksin campak. Ada 8 siswa yang absen, karena sedang dalam kondisi sakit batuk maupun pilek. Uswatun mengungkapkan, mereka dapat menyusul mengikuti imunisasi campak-rubella dengan datang langsung ke Puskesmas terdekat.

“Tujuan Imunisasi MR adalah untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella. Sasarannya adalah seluruh siswa kelas 1 SD,” papar Uswah.

Baca Juga: PD Aisyiyah Kota Cirebon Berikan Pendampingan kepada Anak Penyandang Thalasemia

“Mudah-mudahan dengan program BIAS ini, siswa-siswi kelas 1 sekolah kami memiliki imunitas terhadap penyakit campak dan rubella yang membahayakan kesehatan, sehingga nantinya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik,” tambah Uswah.

Hal senada juga disampaikan kepala SD Muhammadiyah 29 Surabaya, Jatim MA, bahwasanya kegiatan imunisasi ini penting dan sangat perlu didukung, karena bersifat pencegahan, sehingga sebisa mungkin kita mencegah dari penyakit berbahaya yang lain.

“Semoga dengan progam BIAS yang puluhan tahun telah berlangsung ada pencegahan dini, sehingga seluruh anak-anak penerus bangsa ini tumbuh sehat, kuat dan dapat dengan mudah serta gembira dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar tanpa ada gangguan kesehatan yang berarti. Semoga kita sehat selalu,” harap Jatim.

Sementara itu, salah satu petugas dari Puskesmas Simomulyo Surabaya, Vida Noer Vitasari mengatakan, kegiatan BIAS untuk siswa kelas 1 ini memberikan imunisasi MR untuk campak sebagai imunisasi lanjutan.

“Memang ada beberapa kendala dari kegiatan ini salah satunya masih banyaknya orang tua yang berpikiran imunisasi ini adalah vaksin Covid, alhamdulillah pihak sekolah turut membantu menjelaskan bahwa BIAS bukan vaksin Covid namun imunisasi tahunan yang biasa kita berikan pada anak sekolah dasar kelas 1, yaitu imunisasi MR,” pungkas Vida. (Yuda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *