Berita

Geliat Kedai Bueka Mitra Sejahtera, Amal Usaha PC Aisyiyah Kotagede

Bueka Mitra Sejahtera PCA Kotagede

Bueka Mitra Sejahtera PCA KotagedeKotagede, Suara ‘Aisyiyah – Berawal dari bincang-bincang beberapa orang yang membahas bagaimana mengelola potensi yang dimiliki oleh anggota ‘Aisyiyah di Kotagede dan adanya tawaran pinjaman tempat yang berdekatan dengan toko modern, muncul keinginan untuk membuka suatu kedai yang dinamakan kedai “Bueka Mitra Sejahtera”.

Kedai milik Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kotagede ini dibuka secara resmi pada 9 November 2019, yang diresmikan oleh Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) dan saat itu dihadiri dari perwakilan UMY, MEK PDM, dan MEK PDA. Kedai “Bueka Mitra Sejahtera” beralamat di Jalan Pangeran Romo, No. 2, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta, 55172.

Modal awal kedai ini dengan sistem koperasi simpanan pokok Rp20.000,- setiap masuk anggotan dan iuran wajib 5000 setiap bulan dengan jumlah anggota 330 orang. Dari 15 Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) yang ada di Kotagede, 13 Ranting yang aktif masuk. Selain itu, kedai ini juga berdiri dengan modal keyakinan potensial anggota ‘Aisyiyah yang ada di Kotagede.

Geliat anggota yang mempunyai rasa memiliki menjadikan banyak anggota yang menitipkan barangnya di kedai, mulai dari sayur, lauk, camilan, fashion, sampai tanaman herbal dan pesanan daging segar. Tak hanya itu, yang menarik adalah pada setiap hari raya Qurban, di kedai ini menerima pembuatan olahan abon, bakso, galantin, sempol, dan lain-lain.

Baca Juga: Peran Masyarakat dalam Memperkuat Amal Usaha

Pengelolaan kedai ini mendapat dampingan dari MEK PDM Kota Yogyakarta. Beberapa pihak, seperti UMY juga turut memberikan suntikan dana.

Kondisi pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat ibu-ibu ‘Aisyiyah untuk tetap istikamah dalam mengelola kedai, walaupun omset mengalami penurunan. Salah satu inisiatif yang dilakukan agar kedai tetap bisa survive adalah dengan memberikan point belanja dan voucher murah dengan cara mencari donatur dari pengurus dan pengelola.

“Pemberian point dan voucher sebagai salah satu cara kami mengelola kedai “Bueka Mitra Sejahtera” dengan menggugah anggota supaya ada rasa memiliki untuk ikut membesarkan “Bueka Mitra Sejahtera”. Dengan motto “Beramal dengan Belanja”,  diharapkan anggota yang berbelanja tetap dapat beramal, karena keuntungannya tidak hanya untuk kedai semata tapi nantinya kembali kepada anggota,” ujar Umi Hidayati.

Saat ini, jelang milad kedai “Bueka Mitra Sejahtera”, pengurus dan pengelola berencana mengadakan berbagai kegiatan yang diharapkan dapat menarik anggota dan masyarakat di sekitarnya untuk belanja di kedai. (umi hidayati)

Related posts
Tokoh

Andi Rasdiyanah, Rektor Perempuan Pertama Perguruan Tinggi Islam Negeri Itu adalah Kader Aisyiyah

Andi Rasdiyanah lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan pada 14 Februari 1935. Ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ayahnya meninggal ketika ia…
Berita

Cerahkan Peradaban Bangsa, RSIJ Cempaka Putih dan Muhammadiyah-Aisyiyah Gelar Semiloknas

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Muhammadiyah-‘Aisyiyah melalui Majelis Kesehatan PP ‘Aisyiyah, MPKU PP Muhammadiyah, dan RSIJ Cempaka Putih mengadakan kegiatan Seminar dan Lokakarya…
Berita

Pengajian Rutin PP Aisyiyah: Memaknai Tahun Baru Islam

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – PP Aisyiyah menggelar pengajian rutin bulanan pada Sabtu (30/7). Pengajian yang bertepatan dengan 1 Muharram 1444 H itu…

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.