Gerakan Ketahanan Pangan Wujud Kepedulian MEK PDA Kudus pada Masyarakat

Berita 6 Apr 2021 0 76x
Gerakan Ketahanan Pangan MEK PDA Kudus

Gerakan Ketahanan Pangan MEK PDA Kudus

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Ketidakpastian berakhirnya pandemi Covid-19 membawa dampak badi segala bidang kehidupan masyarakat. Salah satu yang menjadi perhatian banyak pihak jika kondisi ini terus berlanjut adalah terjadinya krisis pangan. Oleh karena itu, mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi menjadi prioritas dari Majelis Ekonomi Pimpinan Daerah Kabupaten Kudus Bidang Ketahanan Pangan. MEK PDA Kudus menyadari bahwa semua pihak dapat turut serta berperan dalam menjaga ketersediaan, stabilitas, dan akses pangan bagi masyarakat.

Sejak akhir bulan Maret sampai awal April 2021, di bawah kendali Ibu Hj. Noor Asnah, S.E. dan Ibu Lilis Sumarti, S.Pd. Bidang Ketahanan Pangan MEK PDA Kudus mengadakan kegiatan membagi bibit tanaman sayuran dan tanaman hias ke PCA se-Kabupaten Kudus. Adapun bibit yang dibagikan adalah bibit lombok, terong, dan tanaman hias untuk mempercantik halaman.

Ketika pandemi Covid-19, harga sayur-mayur melonjak drastis. Pembagian bibit ini harapannya dapat memotivasi ibu-ibu ‘Aisyiyah untuk menanam sayur-mayur lain dalam rangka mencukupi kebutuhan dapur. Lebih bagus lagi kalau ada pemikiran tidak hanya untuk konsumsi pribadi, tapi dipasarkan. Hal ini akan dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi  ibu–ibu ‘Aisyiyah untuk menyalurkan kemampuannya dalam mengolah lahan pekarangan yang ada di sekitarnya sehingga dapat meningkatkan aktualisasi mereka di lingkungan sosialnya.

Pemberdayaan perempuan dalam hal ini sangat diperlukan untuk kemajuan bangsa, di mana perempuan dapat memperoleh akses dan kontrol terhadap sumber daya, ekonomi, politik, sosial, budaya, sehingga perempuan dapat mengatur diri dan meningkatkan rasa percaya diri karena mampu berperan dan berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah di keluarganya. (suly/sb)

Leave a Reply