Berita

GLHA Ambulu Wakili PDA Jember Ikuti Expo GLHA Tingkat Wilayah

Jember, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan terutama di masa pandemi, Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Ambulu Jember mengadakan kegiatan GLHA (Gerakan Lumbung Hidup ‘Aisyiyah). Kegiatan ini sukses atas kerja sama dari berbagai pihak, yaitu  seluruh warga ‘Aisyiyah Ambulu. Selain itu juga mendapat dukungan dari PCM, Pemuda Muhammadiyah, Nasyi’atul ‘Aisyiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, dan simpatisan.

Adapun tujuan Gerakan Lumbung Hidup ‘Aisyiyah adalah untuk menjamin ketersediaan  konsumsi pangan penduduk yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang serta pemenuhan kebutuhan  obat. Menurut Titik Indahyati selaku Ketua PCA Ambulu, ada beberapa langkah pelaksanaan pembuatan GLHA.

“Tahap pertama adalah tahap pendataan. Mendata segala yang dibutuhkan dalam GLHA, misalnya macam-macam tanaman, bahan pelengkap seperti botol bekas, ban bekas, dan lain-lain,” jelas Indahyati.

Baca Juga: Perempuan dan Lingkungan Hidup

Tahap kedua adalah tahap perencanaan. Dalam tahap perencanaan langkah-langkah yang dilakukan adalah sket lahan dan mengatur jadwal kehadiran ibu-ibu Aisyiyah piket di lahan.

Masih menurut perempuan energik yang lebih dikenal dengan Bu In, tahap selanjutnya adalah tahap pelaksanaan. Waktu pelaksanaan dari akhir November sampai dengan 16 Januari. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam tahap ini adalah pembersihan lahan, memilah bahan bekas dan pengecatan, pembibitan, penanaman, dan penataan keindahan lumbung hidup.

Ada tiga macam tanaman yang terdapat di GLHA Ambulu, yaitu tanaman sayur, buah-buahan dan apotik hidup. Juga terdapat kolam ikan nila. Adapun macam tanaman sayur antara lain: selada, kenikir, pakcoy, bayam brazil, kangkung, sawi, kelor, bawang pre, bawang merah, terong, tomat, kacang tanah, labu siam, seledri, brokoli, cabe, serai, kacang tanah, jagung, dan suweg (tanaman semacam talas yang banyak mengandung karbohidrat).

Adapun jenis tanaman buah antara lain: kelengkeng, durian, alpokat, nanas,  dan jambu jamaika. Sedangkan jenis apotik hidup antara lain: jahe merah, kencur, kunci, puyang, pegagan, pandan, dan gundala.

Indahyati berharap hasil dari tanaman dan kolam bisa dinikmati  oleh  warga ‘Aisyiyah Ambulu khususnya dan warga Ambulu pada umumnya. Sebagian hasil panen akan diolah menjadi jamu dan kebutuhan catering. Khusus untuk tanaman cabe akan dijual dalam bentuk bibit. Sedangkan launching direncanakan akan dilaksanakan tanggal 28 Januari 2022.

GLHA Ambulu menjadi satu-satunya GLHA yang terdapat di ‘Aisyiyah Jember. Dan menjadi kehormatan GLHA Ambulu menjadi wakil dalam lomba dan expo Gerakan Lumbung Hidup Aisyiyah tingkat PWA Jawa Timur.

Related posts
Berita

Muhammadiyah Mesir Gelar Silaturahmi Iklim

Kairo, Suara ‘Aisyiyah – Bertempat di Markaz Dakwah PCIM Mesir, Sabtu (12/11), Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Mesir menyelenggarakan diskusi dengan tajuk…
Sosial Budaya

Mendorong Ekofeminisme Lebih Maju dalam Gerakan Aisyiyah

Oleh: Rahadi Al Paluri* Sekitar dua puluh tahunan terakhir di berbagai tempat, dari pelosok pedesaan hingga di pusat perkotaan, muncul sebuah fenomena…
Berita

LLHPB PP Aisyiyah dan Diet Kantong Plastik Kampanyekan Pelarangan Plastik Sekali Pakai di Pasar Tradisional

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) sedang bekerja sama dengan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan…

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *