Haedar Nashir: UMAM adalah Wujud Internasionalisasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Berita 12 Agu 2021 0 90x
UMAM_Haedar Nashir

UMAM_Haedar Nashir

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Melalui Surat Keputusan Nomor JPT/BPP(U)1000-801/172 Jld.(6) bertanggal 5 Agustus 2021, izin pendirian Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) dinyatakan lulus sebagai Institusi Pendidikan Tinggi Swasta (IPTS) Malaysia. Selanjutnya pada tanggal 10 Agustus 2021, Ketua Pengarah Jabatan Pendidikan Tinggi Malaysia, Husaini Bin Omar membacakan surat izin kelulusan dan persetujuan pendirian UMAM dalam pertemuan resmi secara virtual.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan bahwa pendirian UMAM merupakan tonggak baru Perguruan Tinggi Indonesia di luar negeri. “Jadi kelahiran UMAM itu merupakan wujud dari program internasionalisasi Muhammadiyah yang diamanatkan oleh Muktamar Muhammadiyah tahun 2015,” ujar Haedar dalam Konferensi Pers Pendirian Universiti Muhammadiyah Malaysia pada Kamis (12/8).

Baca Juga: Internasionalisasi Pendidikan Muhammadiyah-‘Aisyiyah

Haedar menjelaskan bahwa berdirinya UMAM merupakan hasil dari perjuangan panjang Muhammadiyah untuk membangun center of exellence di luar negeri. Di Malaysia, perjuangan itu dimulai sejak awal tahun 2017 dengan pendirian perseroan terbatas dengan nama University Consortium Muhammadiyah Malaysia (UCMM).

“Kelulusan pendirian UMAM,” jelas Haedar, “merupakan kado yang monumental bagi Muhammadiyah yang bertepatan dengan songsong tahun baru Islam”. (sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *