Tegal, Suara ‘Aisyiyah – Hendra Apriyadi, mahasiswa Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) SPs Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) kembali menginisiasi pelatihan menulis artikel dengan pendekatan multiliterasi, Senin (23/12).
Kegiatan ini berlangsung di SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal dan diikuti oleh puluhan guru serta Kepala SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal.
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal dalam menulis artikel ilmiah, opini, maupun karya jurnalistik. Pendekatan multiliterasi dipilih agar para guru mampu menyesuaikan tulisan dengan kebutuhan budaya dan media di era digital.
“Dalam dunia yang serba digital ini, keterampilan menulis tidak hanya sekadar menyusun kata, tetapi juga bagaimana pesan disampaikan dengan cara yang relevan dan efektif di berbagai platform,” ujar Hendra.
Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran
Kegiatan ini melibatkan sesi interaktif, praktik langsung, dan bimbingan personal. Para guru diajarkan cara memanfaatkan teknologi, memahami konteks sosial budaya pembaca, serta mengintegrasikan elemen visual dan data dalam tulisan.
Menurut salah satu peserta, kegiatan ini sangat bermanfaat. “Kami diajak berpikir kritis dan kreatif dalam menulis. Pendekatan multiliterasi membuka wawasan kami untuk melihat menulis sebagai keterampilan yang dinamis dan relevan di berbagai bidang pembelajaran,” ucap Waka Kurikulum SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal.
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Tegal, Solikhin juga menyampaikan harapannya agar para guru mampu menghasilkan artikel yang berkualitas dan menerapkannya dalam berbagai karya. “Melalui kegiatan ini, kami berharap para guru dapat lebih produktif dalam menulis dan menghasilkan karya yang bermanfaat,“ ucapnya.
“Target luaran pelatihan ini akan mencipkan produk kreatif berupa artikel dan bisa dipublikasikan di media cetak dan buku antologi menulis artikel terintegrasi keraifan lokal tentang budaya kota Tegal,” imbuhnya. (Humas)-sa