Berita

IGABA Jawa Timur Gelar Workshop Pengembangan Seni Budaya Indonesia

Gresik, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Wilayah Ikatan Guru ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Jawa Timur menyelenggarakan Workshop Membirama dan Bermain Musik Angklung. Kegiatan bertempat di SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik pada Ahad (28/6). Workshop ini mengangkat tema “Melalui Workshop Membirama dan Bermain Musik Angklung Pendidik PAUD ‘Aisyiyah Se-Jawa Timur Mengembangkan Seni Budaya Indonesia Mengusung Peradaban Utama”.

Acara yang bertempat di lapangan Indoor Gedung SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik lantai 7 itu dihadiri oleh 115 peserta. Mereka datang dari TK ‘Aisyiyah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, seperti Bangkalan, Situbondo, Nganjuk, dan Kabupaten lain di Jawa Timur. Masing-masing kabupaten diwakili 3 guru TK.

Ketua IGABA Jawa Timur, Aya Shopia dalam sambutannya mengatakan bahwa workshop ini merupakan implementasi program IGABA Jawa Timur. “Hal ini sangat sesuai dengan Program Sekolah Penggerak yang digulirkan oleh Kementerian Pendidikan,” ujarnya. Selain itu, lanjutnya, bermain angklung merupakan implementasi visi dan misi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ‘Aisyiyah di abad kedua.

“Oleh karena itu, bermain angklung yang awalnya merupakan kegiatan ekstra kurikuler kemudian berubah menjadi kegiatan intrakurikuler. Jadi ada perubahan pada struktur kurikulumnya,” kata dia. Aya lantas mengungkapkan alasan memilih bermain angklung. “Karena angklung merupakan seni budaya Indonesia,” tegasnya.

Baca Juga: TK ABA: Solusi Kebutuhan Pendidikan Anak Usia Dini

Sebelumnya, IGABA Gresik pernah menampilkan permainan angklung kolosal di acara Seminar Nasional Milad 100 Tahun ‘Aisyiyah Bustanul Athfal di SOR Tri Dharma PT Petrokimia Gresik beberapa tahun yang lalu.

Tentu saja, kata Aya, IGABA Jawa Timur juga bisa tampil memukau di acara-acara nasional yang akan datang. “Jadi, kami harap, setelah workshop ini guru-guru TK ‘Aisyiyah bisa bermain angklung dan bisa menularkan ke murid-muridnya. Mau dan mampu mengimbaskan ke sekolah masing-masing,” harapnya. (Estu Rahayu/sb)

Related posts
Berita

PCA Sewon Utara Tindak Lanjuti Hasil Visitasi dan Pembinaan TK ABA

Bantul, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Sewon Utara melakukan visitasi di TK ABA se-Sewon Utara. Hasil visitasi dan pembinaan ditemukan…
Berita

Lima Lembaga Pendidikan PCA Bancar Serentak Gelar Wisuda

Tuban, Suara ’Aisyiyah – Lembaga Pendidikan di bawah naungan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban menggelar purna siswa bersama pada…
Berita

Lazismu Berbah Bagikan 1000 Parcel kepada Guru TK ABA dan PAUD Aisyiyah

Sleman, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka meneguhkan peran perempuan dalam dakwah untuk kemajuan bangsa, Lazismu Berbah bekerja sama dengan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.