IGABA Jawa Timur Umumkan Pemenang Porseni III

Berita 9 Des 2021 0 202x
Kontingen Gresik

Kontingen Gresik

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Pengumuman dan penganugerahan Porseni III  Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Jawa Timur dengan tema “Melalui Pekan Olahraga Seni dan Al Islam IGABA Kita Tingkatkan Kompetensi Pendidik Aisyiyah yang Berkemajuan di Masa Pandemi” dilaksanakan di Aisyiyah Training Cetre (ATC), Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (4/12).

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Wilayah IGABA Jawa Timur Aya Sophia mengatakan bahwa guru TK ‘Aisyiyah tetap meningkatkan kompetensi di masa pandemi. Dia mengatakan, “pandemi boleh terjadi, namun peningkatan kompetensi tidak boleh berhenti”.

Aya Sophia menjelaskan bahwa penyelenggaraan Porseni III yang diselenggarakan selama bulan November 2021 merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di seluruh Indonesia. “Di jajaran IGABA, Jawa Timur telah menyelengarakan Porseni secara daring,” ungkapnya.

Baca Juga: Pendidikan Anak dan Peran Perempuan Berkemajuan di Masa Pandemi Covid-19

Hal ini, lanjutnya, karena kondisi pandemi membuat IGABA harus berinovasi, sehingga mau tidak mau harus melaksanakan pembelajaran secara digital. Maka pengiriman naskah dan video pakai google drive. “Kami infokan ke teman-tema IGABA Kabupaten/Kotamadya se-Jatim untuk mengikuti semua, kecuali Kabupaten Sampang. Bahkan dari Pulau Sapudi, Sapeken, dan Kangean juga ikut Porseni,” tuturnya disambut tepuk tangan hadirin.

Berada di Tengah Sawah dan Perkebunan

Gedung Aisyiyah Training Center Jawa Timur teletak di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dari Arah Kota Surabaya, letaknya sebelum Wisata Kebun Raya Purwodadi. Terletak di dataran tinggi dengan udara sejuk. Area persawahan dan perkebunan terhampar ketika menuju tempat perhelatan acara.

Acara dilaksanakan secara terbatas di area masjid yang belum selesai dibangun. Mengenai lokasi ini, Aya Sophia mengatakan, “mengapa letaknya jauh dari keramaian. Ini sesuai prokes dan inilah rumah kita”.

Untuk pembangunan gedung ini, wali murid sudah berbagi atau berdonasi dengan membeli kupon untuk pembangunan. “Semoga kita menjadi bagian sejarah dalam membangun gedung ATC ini,” ungkapnya.

Gedung ini merupakan Amal Usaha ‘Aisyiyah yang bertujuan sebagai ladang dakwah, sehingga guru-gurunya harus mempunyai militansi terhadap pernyarikatan.

Sembilan Mata Lomba

Ada 9 (sembilan) mata lomba Porseni IGABA Jatim ini, yaitu lomba MTQ, kaligrafi, pidato, cerita bergambar Islami, serta lomba cipta, dan baca puisi. Selain itu ada lomba Alat Peraga Edukasi (APE), tari kreasi, permainan tradisional, serta lomba gerak dan lagu.

Perwakilan Gresik sendiri mendapatkan tiga juara pertama (MTQ, permainan tradisional, dan cipta dan baca puisi untuk anak) dan satu juara ketiga (pidato). (Estu Rahayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *