Berita

Imunisasi sebagai Bentuk Ikhtiar Menjaga Kesehatan Buah Hati

Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Aceh pada hari Rabu (16/12) telah mengadakan seminar online (webinar) mengenai pentingnya imunisasi untuk buah hati. Webinar tersebut bekerja sama dengan Unicef dan juga Yayasan Darah Untuk Aceh. Kegiatan yang bertemakan “Imunisasi dalam Perspesktif Kesehatan dan Syariat” dilaksanakan secara gratis dan terbuka untuk masyarakat umum.

Kegiatan webinar turut mengundang beberapa narasumber seperti dr. Aslinar, SpA, M. Biomed seorang dokter spesialis anak sekaligus sebagai Ketua LLHPB dan Prof. Dr. Alyasa’ Abubakar, MA seorang guru besar UIN Ar Ranniry Aceh sekaligus anggota Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Aceh.

Acara webinar bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan manfaat dari melakukan imunisasi rutin pada anak, adapun manfaat dari melakukan imunisasi yaitu untuk mencegah datangnya berbagai macam penyakit menular seperti hepatitis B, TBC, polio, tetanus, campak, rubela, difteri, pertussis, dll. Vaksin berupa virus/bakteri yang dilemahkan atau dimatikan, masuk ke dalam tubuh anak yang membuat tubuh secara otomatis membentuk antibodi yang akan melawan bakteri jahat tersebut.

“Umat Islam perlu berikhtiar untuk menjaga kesehatan. Imunisasi merupakan salah satu upaya seseorang agar terhindar dari penyakit, selain itu imunisasi merupakan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan. Sebagai bentuk ikhtiar, imunisasi boleh dilakukan, akan menjadi wajib ketika pengetahuan ilmiah menyatakannya sebagai satu satunya cara untuk menghindari diri dari penyakit,” ungkap Alyasa saat webinar berlangsung.

Acara webinar tersebut sukses dilaksanakan terbukti dengan terkumpulnya 210 peserta yang hadir, serta antusias peserta dalam mengajukan berbagai jenis pertanyaan kepada narasumber. Harapan untuk kedepannya, semoga webinar mengenai kesehatan seperti ini dapat membuat masyarakat melek akan informasi dan juga perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satunya dengan tidak ragu lagi untuk melakukan imunasisi pada sang buah hati.

Kontributor: dr. Aslinar, Sp.A, M. Biomed – Ketua LLHPB PW ‘Aisyiyah Aceh

Editor: Tami

Related posts
Sejarah

Sekolah Bidan Aisjijah, Kontribusi Aisyiyah Lahirkan Tenaga Kesehatan Islam di Indonesia

Isu kesehatan sudah menjadi perhatian ‘Aisyiyah sejak awal. Pada 1930, misalnya, di tengah kongres Muhammadiyah ke-19 di Minangkabau, ‘Aisyiyah mengadakan Kongres Bayi…
Tokoh

Siti Aisyah dalam Riwayat Kepemimpinan Aisyiyah

Oleh: Muarif “…bukan Muhammadijah jang menghadjatkan kepada kita, tetapi kitalah jang menghadjatkan akan hidup suburnja Muhammadijah…” (Siti Aisyah). Pesan Siti Aisyah, salah…
Liputan

Perluas Segmen Jamaah Pengajian untuk Menebar Kebermanfaatan Aisyiyah

Chalifah, Ketua Majelis Tabligh PP ‘Aisyiyah, mengakui tidak mudah merangkul semua segmen dalam satu pengajian. Oleh karena itu, ungkapnya saat diwawancara Suara…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.