Berita

Ini Tiga Visi Strategis Aisyiyah Abad Kedua

Bandung, Suara ‘AisyiyahIslam Berkemajuan, Gerakan Pencerahan, dan Perempuan Berkemajuan adalah tiga gerakan utama ‘Aisyiyah abad kedua. Hal ini dipaparkan oleh Mami Hajaroh selaku Anggota Majelis Pendidikan Kader (MPK) PP ‘Aisyiyah pada acara Gerakan Subuh Mengaji ‘Aisyiyah Jawa Barat dengan tema “Visi Strategis ‘Aisyiyah Abad Kedua”, Rabu (23/3).

Ia memaparkan bahwasanya visi strategis abad kedua ‘Aisyiyah kali ini berfokus pada visi gerakannya, meliputi: Pertama, Islam Berkemajuan yang berarti Islam yang selalu menyemai benih kebaikan, menjunjung tinggi kemuliaan laki-laki maupun perempuan, agama antikekerasan, dan selalu melahirkan keutamaan yang memayungi kemajemukan suku, bangsa, ras, dan golongan budaya yang ada di muka bumi ini.

“Gerakan Pencerahan abad ini harus bersifat dinamis dan progresif, bisa menjawab tantangan zaman, tidak menghilangkan identitas, dan selalu merujuk pada Islam yang otentik. Dengan itu, gerakan ini akan mengalir dengan baik,” tutur Hajaroh.

Baca Juga: Lima Karakter Gerakan ‘Aisyiyah

Kedua, Gerakan Pencerahan, yaitu mengubah revitalisasi menjadi transformasi, melahirkan amal usaha dan aksi sosial kemasyarakatan, memihak pada kaum dhuafa, dan juga menguatkan nilai masyarakat madani.

Ketiga, Perempuan Berkemajuan. Kata Hajaroh, pada abad kedua ini para perempuan diharapkan bisa maju dalam segala aspek kehidupan tanpa adanya hambatan. Adanya perbedaan kodrati perempuan yaitu melahirkan dan menyusui, kata dia, tidak boleh menghalangi perempuan dalam berkiprah di ruang publik. (maudy)

Related posts
Liputan

Perluas Segmen Jamaah Pengajian untuk Menebar Kebermanfaatan Aisyiyah

Chalifah, Ketua Majelis Tabligh PP ‘Aisyiyah, mengakui tidak mudah merangkul semua segmen dalam satu pengajian. Oleh karena itu, ungkapnya saat diwawancara Suara…
Berita

Ini Tiga Langkah Strategis Mendorong Perempuan Terjun ke Bidang Iptek

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Siti Zuhro, Peneliti Bidang Perkembangan Politik Lokal Badan Riset dan Inovasi Nasional menyampaikan bahwa prospek perempuan dalam bidang…
Berita

Bias Gender di Bidang Iptek Harus Dihilangkan

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Fathul Wahid menjelaskan zaman keemasan Islam bukanlah titik nol peradaban umat manusia. Ada…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.