Jadi Narasumber Workshop Kreasi Shibori, Bendahara PCA Godean Ajak Warga Aisyiyah Berkarya

Berita 6 Des 2021 0 101x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah –Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan acara Semarak Semangat Maju Gerak Bhakti Pertiwi Si Bakul Jogja. Salah satu rangkaian acaranya adalah Workshop Kreasi Shibori, Sabtu (4/12). Acara tersebut menghadirkan Sri Jauharotul Makmunah selaku Bendahara Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Godean.

Dalam workshop yang diadakan di Mall Malioboro Yogyakarta tersebut, Sri mengungkapkan bahwa terdapat kurang lebih 40 orang yang mengikuti acara tersebut, di antaranya yakni ibu-ibu ‘Aisyiyah dan ibu-ibu pengunjung Mall Malioboro.

Sri menyampaikan, acara ini merupakan kreasi melipat kain shibori dari bermacam-macam lipatan. Ia juga menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti workshop ini merupakan pelaku usaha. “Kebanyakan ibu-ibu yang mengikuti workshop ini sudah banyak yang bisa, tetapi bagi yang baru ikut sekali biasanya belum maksimal untuk mengembangkan, maka dari itu jangan pernah puas dengan hasil, kita harus rajin mencoba”.

Sri mengungkapkan, tujuan dari diadakannya workshop ini adalah untuk melatih ibu-ibu agar lebih berkreasi, kemudian juga bisa untuk menambah pendapatan keluarga, khususnya untuk ibu-ibu ‘Aisyiyah. “Karena acara ini diadakan khusus untuk ‘Aisyiyah se-DIY, maka pesertanya ada dari Gunung Kidul, Bantul, Sleman, Kulon Progo, yang mana untuk menggerakkan ibu-ibu ‘Aisyiah untuk berkarya,” ucap Sri.

Baca Juga: Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga

Menurutnya, dalam kondisi pandemi sekarang ini memang banyak yang terpuruk, sehingga dengan pelatihan ini harapannya bisa menambah pendapatan ibu-ibu yang bisa diadakan di rumah dengan teknik sederhana tapi hasilnya cukup memuaskan. Sri mengatakan, ia sendiri pun sudah merasakan manfaatnya. Dimulai dari tidak bisa, sekarang belum ada 2 tahun sudah bisa berbagi ilmu serta bisa melatih ke mana-mana. “Dengan acara workshop ini, semoga bisa menularkan ilmu kepada ibu-ibu ‘Aisyiyah agar semua bisa berkarya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sri menyampaikan bahwa kain shibori dapat dikreasikan menjadi apa saja, di antaranya menjadi mukena, tas, baju, taplak, masker, sarung bantal, baju-baju, dan sebagainya, tinggal berkreasi dan berinovasi. Harga dari kreasi kain shibori pun cukup terjangkau. “Untuk kain 2 meter 100 ribu, kain jumput 120 ribu, tas kecil 50 ribu, tas besar 60 ribu, dan baju 160 ribu.

Di akhir paparannya, Sri menyampaikan harapannya dari diadakan workshop ini, yakni bisa menambah ilmu bagi ibu-ibu agar lebih semangat berkarya lagi. (silvi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *